Ulama Yusuf Al Qaradawi, Penasihat Spiritual Ikhwanul Muslimin Meninggal Dunia

Muhaimin
.
Senin, 26 September 2022 | 20:41 WIB
Yusuf Al Qaradawi (Foto: Reuters)

DOHA, iNewsPasuruan.id - Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Yusuf Al Qaradawi, ulama asal Mesir yang bermukim di Qatar meninggal dunia, Senin (26/9/2022) sore waktu setempat. Al Qaradawi meninggal dunia pada usia 96 tahun. Akun Twitter resmi Yusuf Al Qaradawi melaporkan kabar kepergian ulama yang menjadi penasihat spiritual organisasi Ikhwanul Muslimin Mesir tersebut.

Tidak dijelaskan penyebab meninggalnya Al Qaradawi. Namun Almarhum sudah menderita sakit sejak beberapa tahun terakhir. Belum ada penjelasan pula soal pemakamannya. Ikhwanul Muslimin merupakan organisasi terlarang di beberapa negara, bahkan di Teluk. Tak heran Al Qaradawi dilarang masuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, serta Bahrain.

Kondisi ini pula yang membuat Al Qaradawi tak bisa kembali ke Mesir. Namun Qatar, negara yang juga sempat berseteru dengan Arab Saudi, UEA, dan Mesir, menerimanya. Dia juga dilarang masuk beberapa negara Eropa, seperti Prancis dan Inggris, karena dianggap berpandangan ekstrem. Semasa hidupnya, Al Qaradawi pernah menjabat sebagai Presiden Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), wadah para ulama seluruh dunia.

Editor : Bian Sofoi
Bagikan Artikel Ini