get app
inews
Aa Read Next : Gus Irsyad Undur Diri, Gus Mujib Dapat Rekomendasi Maju di Pilkada Pasuruan

Orang Jawa Jadi Menteri di Afrika Selatan, Siapa Dia?

Sabtu, 04 Februari 2023 | 07:35 WIB
header img
Tina Joemat-Pettersson (Foto: Sowetanlive)

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Tina Joemat-Pettersson sepintas nama wanita ini sangat kebarat-baratan. Tapi begitu mendengar nama Sutinah Joemat, nama ini pasti orang jawa. Tina bukan orang biasa, beberapa tahun silam Tina adalah orang penting di Afrika Selatan. Dia menjabat menteri.

Bagaimana bisa orang jawa jadi menteri di Afrika Selatan?  Sjahril Sabaruddin, Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan periode 2010-2013 mengatakan bahwa sebanyak 1,2 juta jiwa berdarah Melayu tinggal di negara tersebut. Mayoritas dari mereka menempati Cape Town.

Siapa Tina Joemat-Pettersson? Simak profil singkatnya yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber pada Jumat (3/2/2023). Berikut profil singkat Tina Joemat-Pettersson

1.Bernama asli Sutinah Joemat

Tina Joemat-Pettersson lahir di Kimberley, Afrika Selatan, 18 Desember 1963. Ia memiliki nama asli Sutinah Joemat yang menurut sebagian orang terdengar ‘sangat Jawa’. Wanita itu ternyata merupakan keturunan Kendal, Jawa Tengah. Sayangnya, tak ada informasi lebih lanjut yang menjelaskan  kedua orang tuanya. 

2.Riwayat pendidikan

Tina Joemat  mengenyam pendidikan di William Prescord High School. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan studinya di University of the Western Cape. Di kampus tersebut, ia mengambil Executive Management Programme. Lalu pada tahun 2002, Tina Joemat-Pettersson berhasil menyelesaikan pendidikannya.

3.Menjadi guru

Sebelum terjun ke dunia politik, Tina Joemat-Pettersson yang dikenal cukup unggul dalam bidang akademik telah menjadi guru di Pescodia Secondary School, Kimberly sejak tahun 1987.  Tak hanya itu, ia juga aktif di organisasi South African Democratic Teachers Union (SADTU) sejak tahun 1999. 

4.Menjadi Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Afrika Selatan

Selepas menjadi guru, Tina Joemat-Pettersson memutuskan untuk berkecimpung di bidang politik. Ia dipilih oleh presiden Jacob Zuma  menduduki jabatan sebagai Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan di Afrika Selatan sejak tahun 2009.

5.Ingin Berkunjung ke Indonesia

Mengetahui bahwa dirinya  keturunan Jawa, Tina Joemat-Pettersson mengaku ingin sekali berkunjung ke Indonesia. Ia mengatakan bahwa dirinya ingin bertemu dengan leluhurnya di Kendal, Jawa Tengah. Lalu pada tahun 2011, Tina Joemat-Pettersson berhasil bertemu dengan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Pertemuan itu berlangsung saat Afrika Selatan tengah mengadakan Konferensi Perubahan Iklim.

 https://www.inews.id/news/internasional/tina-joemat-pettersson-orang-jawa-yang-jadi-menteri-di-afrika-selatan.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut