get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Pasuruan dan Sekitarnya, Jumat 24 Maret 2023, Adzan Maghrib Pukul 17.41 WIB

KKB Berondong Pengamanan Shalat Tarawih, Dua Anggota TNI/Polri Tewas

Senin, 27 Maret 2023 | 05:08 WIB
header img
Evakuasi Jenazah Anggota TNI-Polri Ditembaki KKB, Tak Ada Personel yang Terluka (Foto: Dok Polda Papua)

PUNCAK JAYA, iNewsPasuruan.id - Jamaah shalat tarawih di Masjid Amaliyah, Jalan Trans Papua, Kampung Wirak, Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah di serang kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari belakang masjid, Sabtu (25/3/2023). Akibat kejadian ini, dua anggota TNI/Polri yang melakukan pengamanan tewas. Kedua prajurit yang gugur dalam menjalankan tugas, Serda Risawar anggota Koramil 1714-02/Ilu dan Bripda Mesar Indey anggota Polsek Ilu.

Kemudian satu anggota Polri yakni Brigpol Arif Hidayat luka tertembak di bagian paha. Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menjelaskan, penembakan terjadi saat petugas gabungan TNI Polri mengamankan shalat tarawih di masjid. Tim pengamanan ini melibatkan satu regu TNI Koramil Ilu dan satu regu Polsek Ilu.

"Pada hari ini Sabtu pukul 19.30 WIT sampai dengan pukul 21.00 WIT bertempat di Distrik Ilu,Kabupaten Puncak Jaya telah terjadi kontak tembak saat pelaksanaan ibadah tarawih antara OTK dengan satuan TNI Polri," ujar Kapolda, Sabtu (25/3/2023).

Serda Risawar tertembak bagian dagu dan punggung. Sementara Bripda Mesar Indey tertembak bagian perut. Pasukan gabungan dengan menggunakan mobil Koramil Ilu (Randis) dan Mobil Polsek Ilu (Randis) mengevakuasi korban ke Makorami 1714-02/Ilu. Informasi terkini, wilayah setempat telah ditetapkan status Siaga 1.

Proses evakuasi jenazah dua anggota TNI dan Polri dari Ilu ke Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, sempat diwarnai penembakan oleh KKB, Minggu (26/3/2023). Beruntung tidak ada personel yang terluka. "KKB sempat menembaki rombongan di sekitar lapangan terbang Ilu," ucap Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara, Minggu (26/3/2023).

Kuswara mengatakan, evakuasi dilakukan melalui jalan darat dari Ilu ke Mulia. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Setibanya di Mulia, kedua jenazah yakni Bripda Mesar Indey dan Serda Risawar, langsung diformalin. "Hari ini, Minggu (26/3) kedua jenazah akan dievakuasi ke Jayapura," ucapnya.

Dia menuturkan bahwa jenazah Bripda Mesar Indey dijadwalkan Senin (27/3/2023) dievakuasi ke Merauke untuk dimakamkan di kampung halamannya. Sedangkan jenazah Serda Risawar diterbangkan ke Sorong. kedua korban meninggal saat bertugas mengamankan Shalat Tarawih di masjid Al Amaliah Ilu, Sabtu (25/3/2023) malam, saat KKB tiba-tiba menembaki dari arah belakang masjid. Selain kedua korban meninggal, insiden itu juga menyebabkan Brigpol M. Arif Hidayat terluka, akibat terkena rekoset (pantulan peluru di tembakan). Kondisi Brigpol M Arif Hidayat saat ini masih berada di Polsek Ilu.

https://papua.inews.id/berita/kronologi-2-anggota-tni-polri-gugur-di-puncak-jaya-ditembak-saat-amankan-sholat-tarawih/all.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut