get app
inews
Aa Read Next : Kawanan Gengster Ngamuk Bawa Pedang dan Celurit di Bangil, Dikepung Warga Babak Belur Dihajar

Revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo Ditargetkan Tuntas Oktober 2024

Rabu, 31 Januari 2024 | 22:55 WIB
header img
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) meresmikan dimulainya revitalisasi pasar tematik Cheng Hoo di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (31/1/2024). Foto:NINON RAKA

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Setelah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK), Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo Pandaan Kabupaten Pasuruan segera direvitalisasi. Proyek revitalisasi ini diresmikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan di kawasan Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo.

Menteri Zulhas mengatakan, bahwa ada dua pasar tematik yang mendapatkan kucuran dana DAK dari kementrian yakni di Lampung dan Kabupaten Pasuruan. Proses pemberian DAK dengan proses seleksi yang sangat ketat. "Nantinya pasar ini akan memadukan unsur budaya, religi, dan juga wisata. Sehingga nantinya bisa menjadi destinasi andalan di Jawa Timur khususnya di Pasuruan," kata Zulhas, Rabu (31/1/2024).

Zulhas mengatakan bahwa pasar tematik wisata Cheng Hoo juga memiliki lokasi yang strategis. Pasalnya lokasinya berdekatan dengan beberapa destinasi wisata dan jalur Surabaya-Malang. Dalam pengerjaannya, pasar tematik wisata Cheng Hoo ditarget rampung pada September 2024 mendatang.  "Targetnya September sudah rampung, lambat-lambat ya Oktober lah. Biar seluruh pedagang segera merasakan dampaknya," tutupnya.

Senada dengan Zulhas, Pj Bupati Pasuruan Andriyanto mengatakan bahwa nantinya akan ada penambahan lapak dari 165 menjadi 330 kios. "Tentunya tidak melupakan pesan sejarah dengan desain bangunan tiongkok. Pastinya dengan model one stop service, jadi semuanya kami sediakan di pasar tematik wisata Cheng Hoo ini," katanya.

Untuk diketahui, pasar tematik wisata Cheng Hoo ini menelan dana sebesar Rp60 miliar yang berasal dari dana DAK. Dengan dana besar tersebut, pasar tematik wisata Cheng Ho diharapkan menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pasuruan.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut