get app
inews
Aa Read Next : Laporan Khusus, Sampai Kapan Kebiadaban KKB Papua Berlanjut?

Bentrok Senjata dengan TNI di Kawasan PT Freeport, Pentolan KKB Abubakar Kogoya Tewas

Jum'at, 05 April 2024 | 09:36 WIB
header img
Pasukan Gabungan TNI Polri berhasil menembak mati dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Mimika, Tembagapura. Foto Pen Kogabwilhan III

PAPUA, iNewsPasuruan.id -- Pasukan gabungan TNI Polri berhasil menembak mati dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam kontak senjata di area PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada Kamis (4/4/2024). Salah satu dari dua anggota KKB yang tewas diidentifikasi sebagai salah satu pentolan KKB di wilayah tersebut, bernama Abubakar Kogoya, sementara identitas anggota KKB lainnya masih dalam proses identifikasi oleh aparat keamanan.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Letjen TNI Richard Tampubolon, melalui Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel CZi Gusti Nyoman Suriastawa, mengkonfirmasi kejadian tersebut. Dilansir iNews Papua, Jumat (5/4/2024) Letjen Richard menyatakan, bahwa baku tembak terjadi di area PT Freeport Indonesia pada Kamis sore hari. Kronologi kejadian mengindikasikan bahwa baku tembak dipicu oleh gangguan keamanan yang dilakukan oleh KKB di area tersebut.

Menanggapi situasi ini, aparat keamanan gabungan TNI-Polri, termasuk Satgas Nanggala Damai Cartenz TNI-Polri bersama Koops Habema, segera merespons dan menuju lokasi kejadian. Saat tiba di tempat kejadian, kontak senjata tidak dapat dihindarkan. Hasilnya, ditemukan dua anggota KKB tewas, termasuk salah satu yang diduga sebagai Abubakar Kogoya, beserta sebuah pucuk pistol. Tidak ada kerugian jiwa atau senjata di pihak aparat keamanan gabungan TNI-Polri.

Letjen Richard menjelaskan bahwa keberhasilan aparat gabungan dalam mengurangi kekuatan KKB adalah bagian dari upaya menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran pembangunan di Papua. Hal ini menegaskan komitmen untuk memastikan keamanan dan ketertiban di daerah tersebut guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut