get app
inews
Aa Read Next : Tanggapi Pergantian Ketua Umum DPP PKB, Gus Ipul: Sudah Saatnya Regenerasi

Sekjen PBNU: PKB Harusnya Mencontoh SIkap Pak Surya Paloh yang Menerima Hasil Pilpres

Senin, 22 April 2024 | 20:23 WIB
header img
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf berbicara dengan wartawan di Kota Pasuruan. Dia meminta PKB berkoordinasi dengan Ketua Umum NU. Foto:Ninon Raka

PASURUAN, iNewsPasuruan.id -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf, kembali menyoroti PKB paska Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan hasil pemilihan umum. Saifullah Yusuf meminta PKB mencontoh sikap Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh yang sudah menerima hasil pemilu presiden. Gus Ipul berharap agar pasangan calon dan pendukungnya dapat menerima putusan MK dengan sikap yang bijaksana.

Gus Ipul juga mengimbau PKB untuk segera melakukan konsultasi dengan organisasi induknya, yaitu Nahdlatul Ulama (NU). Baginya, penting bagi PKB untuk mengevaluasi pelajaran berharga yang diperoleh selama proses pemilu, terutama terkait perbedaan hasil suara di tingkat TPS dengan hasil suara pilpres secara keseluruhan.

"Demi harmoni dan koordinasi yang baik, kami hanya meminta agar PKB segera berkomunikasi dengan Rois Aam dan ketua umum NU, mengingat PKB berasal dari NU," ujar Gus Ipul kepada media, Senin, (22/4/2024).

Dia juga menyoroti reaksi negatif terhadap permintaan Sekjen PBNU kepada PKB untuk berkomunikasi dan berkonsultasi. Gus Ipul menilai bahwa reaksi tersebut hanyalah bagian dari dinamika politik yang wajar. Selain itu, Gus Ipul meminta agar PKB menerima hasil pemilihan umum yang telah diumumkan oleh KPU, sebagaimana yang telah dilakukan oleh partai lain seperti NasDem. Dia mencontohkan sikap Pak Surya Paloh yang telah menerima hasil tersebut.

Meskipun demikian, Gus Ipul menegaskan bahwa permintaan tersebut bukanlah campur tangan dalam urusan PKB, melainkan sebuah dorongan untuk menjaga hubungan erat antara PKB dan NU. Dengan penolakan gugatan oleh MK, Gus Ipul menegaskan pentingnya bagi PKB untuk mengambil pelajaran dari pengalaman tersebut. Dia menekankan perlunya langkah-langkah yang diambil oleh PKB untuk mengakomodasi aspirasi warga NU agar sesuai dengan keinginan dan harapan mereka.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut