get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Mengatakan Sinyal Pemulihan Ekonomi Menguat

Simak 5 Kesalahan Keuangan Pada Usia 20

Minggu, 27 Maret 2022 | 14:00 WIB
header img
kesalahan keuangan pada usia 20.

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Permasalahan keuangan kerap kali terjadi, tanpa terkecuali pada usia 20-an sekalipun. hal ini dapat berakibat buruk yang berjangka panjang, maka dari itu tidak ada salahnya untuk belajar mengelola keuangan sejak dini.

Pada usia ini kerap kali ditemui orang yang sedang berusaha mencari jati diri. bagi banyak orang juga pada usia inilah mereka diharuskan menghadapi masalah keuangan secara mandiri.

Dan usia ini merupakan waktu terbaik secara finansial karena kamu belum menikah atau kewajiban lain dan pekerjaan pun belum terlalu menuntut. Karena itu, jika bisa memanfaatkan waktu ini, kamu bisa kaya di masa depan, tetapi jika menyia-nyiakannya dengan membuat kesalahan keuangan, bisa membuatmu menghadapi masa suram di masa depan.  

Kesalahan Keuangan yang Sering Terjadi Usia 20

Ada beberapa kesalahan keuangan yang sering terjadi usia 20. Berikut ini beberapa kesalahan tersebut:

1. Hanya Fokus Mengatur Keuangan Jangka Pendek

Pada usia 20-an tahun kebanyakan generasi ini memikirkan keuangan dalam jangka pendek. kebanyakan dari mereka belum berpikir merencanakan keuangan dalam jangka panjang, seperti menabung.  Bagi kamu di usia ini juga lebih konsumtif. Misalnya, gemar membelanjakan penghasilan yang didapat untuk membeli barang-barang yang lagi trending, membeli barang yang bukan kebutuhan melainkan hanya sekadar keinginan saja. 

2. Terlalu Lama Menemukan Jati Diri

Pilih lingkungan yang baik untuk masa depanmu  karena lingkungan bisa mengubah sikap dan watak seseorang. Selain itu, jangan terlalu lama mencari jati dirikarena bisa membuatmu terjebak pada pergaulan yang kurang baik.  Lingkungan yang salah dan terlalu lama mencari jati diri berpotensi membuatmu menjadi lebih hedonis, lebih suka berfoya-foya dan lupa menabung. Padahal jika kamu telah menemukan jati diri, kehidupanmu akan lebih tertata. Manajemen keuangan juga menjadi mudah dan teratur.

3. Terlalu Dini Berutang

Generasi saat ini sudah mengenal utang, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Alasan berutangnya pun bukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, tapi lebih kepada memenuhi gaya hidup.  Jika kamu terlalu dini berutang untuk gaya hidup saat masih muda maka bisa membuatmu terlilit utang.  

4. Menunda untuk Memulai

Orang di usia 20 tahun memiliki pola pikir yang salah. Kebanyakan dari mereka takut untuk memulai merencanakan keuangan, padahal itu hal yang bermanfaat ke depannya. 

5. Nekat Pindah dari Rumah Orang Tua

Niatnya mau mandiri dengan keluar dari rumah orang tua tapi hitung dulu penghasilan dan pengeluaran kamu, apakah hal itu mendukung. Jangan sampai, keputusan tersebut justru membuat kamu kesulitan memenuhi kebutuhan.  Mungkin awalnya kamu merasa bebas dan bisa mengatur diri sendiri saat keluar dari rumah orangtuanya. Padahal yang ada malah makin menyusahkan karena butuh dana lebih untuk dapat bertahan hidup jauh dari orang tua.  Tapi kemandirian ini akan positif jika memang anak tersebut memiliki pola pikir dewasa dan tidak konsumtif. Jadi semua itu kembali lagi ke kamu ya.  Itulah kesalahan keuangan yang sering terjadi usia 20. Semoga kamu bisa mengindarinya dan belajar dari kesalahan demi masa depan yang lebih baik. 

iNewsPasuruan

 

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut