get app
inews
Aa Read Next : Daftar Harga BBM Terbaru; Pertalite Rp10.000 per Liter, Solar Rp6.800 per Liter

Pertamina Klaim Stok Aman Hingga 1,5 Hari, Pertalite Jatim Langka

Rabu, 06 April 2022 | 10:30 WIB
header img
Pertalite di Jaktim Mendadak Langka, Pertamina Klaim Stok Aman hingga 1,5 Hari

iNewsPasuruan.id - Masyarakat berbondong-bondong beralih menggunakan Pertalite setelah pemerintah menetapkan untuk menaikan harga pertamax jadi Rp12.500, per liter.

Hal ini berdampak pada stok pertalite yang ada di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjadi langka dan sulit didapat.

Akan tetapi, Area Manager Commrel (Community Relations) dan Corporate Social Resposibility (CSR) Regional Jawa bagian Barat (JBB) Pertamina, Eko Kristiawan mengklaim stok Pertalite terpantau aman hingga 1,5 hari kedepan. Hal ini diungkapkannya berdasarkan data stok Pertalite per jam 18.00 WIB Selasa Petang (5/4/2022). 

"Hari ini per jam 18.00 WIB, coverage days atau ketahanan stok 1,5 hari di semua SPBU. Artinya stok aman," kata Eko saat dihubungi MNC Portal via pesan singkat, Rabu (6/4/2022). 

Eko menegaskan perihal langkanya Pertalite kemarin dikarenakan terhambatnya jalur distribusi pengiriman Pertalite ke sejumlah SPBU. Pasalnya, menurut Eko, saat awal Ramadhan 1443 Hijriah sejumlah lalu lintas di Ibu Kota mengalami kemacetan. 

"Secara umum kondisi normal (stok Pertalite di Jakarta). Tetapi sempat ada kejadian SPBU menunggu pengiriman, tapi tidak sampai membuat pasokan terputus. Hal ini dapat teratasi karena stok di Integrated Terminal Jakarta, Plumpang sangat aman.
Kondisi keterlambatan karena jalanan cukup padat. Belakangan ini kondisi lalu lintas di Jakarta cukup padat," tutur Eko menyatakan latar belakang kasus langkanya Pertalite kemarin. 

Di sisi lain, terkait kenaikan harga Pertamax, Eko menilai tidak memberikan pengaruh signifikan dalam tingkat penjualan khususnya di Jakarta Timur. Dia pun menegaskan belum terlihat perbedaan tingkat kebutuhan yang signifikan antara sebelum dengan sesudah harga Pertamax berubah. 

"Rata-rata penjualan harian Pertamax di Jaktim sebelum dan setelah penyesuaian harga pada kisaran 150-200 KL (kilo liter) per hari. Jadi, belum terlihat perubahan yang signifikan," katanya. 

Sebelumnya, berdasarkan pantauan MNC Portal di beberapa SPBU, stok Pertalite kosong dimana petugas memberikan keterangan bahwa pengiriman belum datang untuk saat ini. Misalnya seperti di SPBU Asrama Haji, Lubang Buaya, Jakarta Timur, yang menurut salah satu petugas yang berjaga stok Pertalite sudah sejak pagi kosong. 

"Pertalitenya habis, dari tadi pagi habisnya," ujar salah satu petugas SPBU di Lubang Buaya, Jakarta Timur saat menjawab pertanyaan dari MNC Portal, Selasa (5/4/2022). (MDN)

iNewsPasuruan.id

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut