Usai Timnas Indonesia Hajar Curacao 3-2, Ketum PSSI Singgung Kontrak Shin Tae-yong, Mau Diputus?

Maulana Yusuf
.
Minggu, 25 September 2022 | 22:32 WIB
Bawa Timnas Main Apik, Kontrak Shin Tae-yong Bakal Diperpanjang? Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Penampilan apik Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong dianggap memuaskan. Sehari setelah kemenangan atas Timnas Curacao di FIFA Matchday, Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyinggung kontrak sang pelatih. Apa kontrak Shin Tae-yong diputus atau diperpanjang?

Shin Tae-yong baru saja membawa Timnas Indonesia mengalahkan Curacao pada FIFA Matchday 2022 dengan skor 3-2. Kemenangan itu membuat publik sepak bola Indonesia terkejut. Pasalnya, Curacao yang notabene lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan tersebut, justru tim wakil CONCACAF itu pasrah terhadap tim besutan Shin Tae-yong.

Sebab itu, Iwan Bule-sapaan akrab Mochamad Iriawan- memberikan apresiasi kepada eks pelatih Timnas Korea Selatan itu. "Permainan apik timnas Indonesia melawan Curacao masih lekat dalam memori kita. Semalam timnas Indonesia yang dibesut oleh Coach Shin (STY) berhasil mempersembahkan kemenangan melawan tim yang di atas kertas jauh lebih kuat. Lebih dari itu, mereka mempersembahkan kebahagiaan dan kebanggaan kepada segenap rakyat Indonesia," ujar Iwan Bule, di akun Instagramnya, Minggu (25/9/2022).

Tak heran memang Shin Tae-yong mendapatkan sanjungan dari beberapa pihak. Bagaimana tidak, Timnas Indonesia yang berperingkat 155 FIFA tidak hanya mampu mengimbangi permainan tim dengan peringkat 84, tetapi mereka tampil percaya diri, menolak kalah, dan-defying the odds-berhasil menang. Tentunya, kemenangan tersebut bukanlah karena faktor kebetulan semata.

Kemenangan itu adalah hasil dari proses panjang yang bermula sejak 1 Januari 2020, awal STY mulai melatih Timnas Indonesia. Bukan hanya di level senior segel tiket Piala Asia 2023, Shin Tae-yong juga berkontribusi besar lolosnya Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-20 2023 "Kita telah dan terus melihat bersama proses perbaikan yang dialami timnas Indonesia, baik di level senior maupun junior. Keberhasilan menembus Piala Asia 2023 di level senior dan junior adalah fakta yang terbantahkan. Belum lagi, perbaikan tingkat kedisiplinan, intensitas permainan, serta determinasi di lapangan. Kita percaya bahwa timnas Indonesia bergerak dan berproses ke arah perbaikan yang jelas," tambah Iwan Bule.

Oleh karena itu, berkat catatan apik tersebut Iwan Bule buka peluang untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Di mana, pria asal Korea Selatan itu masih dibutuhkan lebih lama lagi untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi. "Untuk itu, seperti pandangan banyak pencinta timnas, saya berpendapat bahwa STY hendaknya dipertahankan dan kontraknya diperpanjang," kata Iwan Bule.

"Hubungan saya di level personal dan profesional dengan STY pun baik. Jalur komunikasi kami langsung dan tanpa perantara. Antara saya dan STY tak ada jarak. Kami satu visi dalam memperbaiki timnas Indonesia dan-yang tak kalah penting memberikan kebahagian-kebahagian selanjutnya bagi seluruh pecinta timnas dan rakyat Indonesia," tandasnya.

 

Editor : Bian Sofoi
Bagikan Artikel Ini