get app
inews
Aa Read Next : Ponpes Sidogiri Berduka, Empat Kerabat Pondok Tewas Tertabrak KA Pandalungan

Mesin Kiri Terbakar usai Lepas Landas, Pesawat Lion Air Tujuan Palembang Balik ke Bandara Soetta

Rabu, 26 Oktober 2022 | 21:43 WIB
header img
Pesawat Lion Air dilaporkan mendarat kembali ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Rabu (26/10/2022) usai salah satu mesin terbakar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-330 terpaksa kembali mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (26/10/2022) pukul 17.45 WIB. Melalui foto yang tersebar, pesawat jenis Boeing itu diduga mengalami kendala pada mesin kiri hingga terbakar dan membuat pesawat harus kembali usai terbang beberapa menit menuju Palembang. 

Melalui foto yang beredar terlihat api membakar mesin di sisi kiri pesawat. Bahkan, dalam video yang tersebar juga sejumlah mobil pemadam kebakaran bersiaga di runway bandara saat pesawat tersebut mendarat.

Terkait hal tersebut, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, pendaratan dilakukan sudah sesuai prosedur.  "Telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP)," ujar Danang dalam keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022). 

Danang menjelaskan, Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check).  Pesawat Lion Air dilaporkan mendarat kembali ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Rabu (26/10/2022) usai salah satu mesin terbakar. (Foto: Istimewa) Selama mengudara berjalan normal, namun pada ketika berjalan, pilot menjelaskan salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan semestinya, sehingga pilot perlu melakukan pendaratan. 

"Pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," ucapnya. "Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," sambungnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut