get app
inews
Aa Read Next : Tersangka Penyerangan Sopir Truk di Pasuruan Ternyata Residivis

10 Tanda-tanda Kiamat, Termasuk Padang Arafah Jadi Hijau?

Minggu, 15 Januari 2023 | 10:55 WIB
header img
Ilustrasi tanda-tanda kiamat disebutkan salah satunya Padang Arafah mulai menghijau. (Foto: Unsplash)

6. Banyak gempa bumi

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ

Artinya: "Tidak akan tiba hari kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi." (HR Bukhari)

7. Mengeringnya Sungai Eufrat

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَحْسِرَ الْفُرَاتُ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ، يَقْتَتِلُ النَّاسُ عَلَيْهِ، فَيُقْتَلُ مِنْ كُلِّ مِائَةٍ، تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ، وَيَقُولُ كُلُّ رَجُلٍ مِنْهُمْ: لَعَلِّي أَكُونُ أَنَا الَّذِي أَنْجُو

Artinya: "Kiamat tidak akan terjadi sampai al-furat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah 99 orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, 'Mudah-mudahan akulah orang yang selamat'." (HR Muslim)

8. Datangnya 10 peristiwa besar

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya: "Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dabbah)." (HR Muslim)

9. Muncul dukhan atau kabut tebal 

Tanda kimat dengan munculnya dukhan atau kabut tebal sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Imam Muslim sebelumnya (poin 8). Diterangkan juga tentang hari kiamat dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

Artinya: "Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah, 'Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.' Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya." (QS Al Ahzab: 63)

قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: "Katakanlah, 'Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS Al A'raaf: 187)

10. Tanah Arab jadi hijau 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا.

Artinya: "Tidak akan tiba hari kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai."

Hadits tersebut menjelaskan bahwa salah satu tanda-tanda kiamat muncul adalah Tanah Arab menjadi hijau ditumbuhi rerumputan dan pepohonan sejuk. Kemudian terdapat sungai-sungai mengalir di wilayah itu.

Hal ini disebut-sebut berkaitan dengan fenomena langka yang saat ini terjadi di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi. Wilayah tersebut kini menghijau, jauh dari gersang seperti sebelumnya.

"Sekarang orang Jazirah Arab sedang bersukacita karena Padang Arafah sudah menghijau yang tadinya pasir gersang. Allahu Akbar! Ngeri-ngeri," kata Alman Mulyana dalam kanal YouTube-nya.

Netizen pun memberikan beragam komentar setelah menyaksikan pemandangan tidak biasa di Padang Arafah itu.

"Subhanallah, inilah zamannya di mana kita hidup era pengujung dunia. Sekilas pandang, Masya Allah indahnya Makkah sekarang sudah menghijau, tapi kalau kita baca hadits Nabi Shallallahu alaihi wassallam, kita menjadi sangat sedih, karena kata Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam apabila jazirah Arab sudah menghijau itu adalah suatu tanda kita sudah sangat dekat sekali dengan hari kiamat," komentar @Hal***.

"Subhanallah, tapi bila Arafah sudah hijau semua maka akhir dunia sudah dekat. Saat saya berhaji Arafah sangat panas dan gersang," ungkap @Dar****.

"Subhanallah, antara senang dan sedih melihat ini. Senang karena pemandangan dan udara jadi sejuk, tapi juga sedih karena itu sebagian dari tanda-tanda akhir zaman," pungkas @Dail****.

Wallahu a'lam bisshawab

https://muslim.okezone.com/read/2023/01/14/330/2746125/10-tanda-kiamat-menurut-sabda-nabi-termasuk-padang-arafah-jadi-hijau?page=2

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut