get app
inews
Aa Read Next : Mobil Elf Terjun ke Jurang Sedalam 20 Meter, 17 Pelajar Lamongan Selamat

Lembah Watangan Terbakar, Kawasan Wisata Bromo Ditutup Total

Kamis, 07 September 2023 | 06:14 WIB
header img
Wisata Gunung Bromo kembali tutup total usai kebakaran di Bukit Teletubbies (Foto : Istimewa)

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS) menutup kawasan wisata Gunung Bromo, Rabu (6/9/2023) malam. Hal ini dilakukan untuk keamanan pengunjung mengingat ada kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies. "Adanya kebakaran hutan yang terjadi pada Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Savana Kaldera Tengger. Maka kegiatan Wisata Gunung Bromo ditutup secara total," ungkap Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) BB-TNTBS Septi Eka Wardhani tadi malam.

Secara teknis, penutupan dilakukan mulai Rabu (6/9/2023) malam pukul 22.00 WIB. Penutupan akan dilakukan hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan. "Bagi pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online, dapat mengajukan reschedule saat wisata kembali dibuka. Tata cara reschedule akan diinfokan pada kesempatan berikutnya," tutur Septi seperti dilansir Okezone.

Dia mengimbau warga, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk menjaga Kawasan TNBTS dari kebakaran hutan. Seperti tidak menyalakan api dan sejenisnya antara lain petasan, kembang api, dan flare demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama. Bila ada yang menemukan titik api di kawasan TNBTS segera melaporkan kepada petugas. Wisata Gunung Bromo dapat diakses melalui empat pintu masuk di empat kabupaten. Pintu masuk dari Kabupaten Malang melalui Coban Trisula, pintu masuk Wonokitri dari Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Senduro di Kabupaten Lumajang, dan pintu masuk Cemoro Lawang, di Kabupaten Probolinggo.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut