get app
inews
Aa Read Next : Perusahaan Rokok Terbesar Korsel Bangun Pabrik di PIER, Nilai Investasi Rp6,9 Triliun

Matahari Seperti di Atas Kepala, Panas Terik Hajar Pulau Jawa, Fenomena Apa?

Senin, 02 Oktober 2023 | 07:24 WIB
header img
Ilustrasi suhu ekstrem yang melanda Pulau Jawa(Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNewsPasuruan.id -

Cuaca panas telah melanda Pulau Jawa selama satu minggu terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa salah satu faktor penyebabnya adalah pengaruh El Niño. Menurut situs Accuweather, suhu di Jakarta mencapai 33 derajat Celsius pada Minggu (1/10/2023) siang. Pada Jumat sebelumnya, suhu di Surabaya mencapai 42 derajat Celsius, diikuti oleh Semarang dengan 39 derajat Celsius, Jakarta 37 derajat Celsius, Yogyakarta 36 derajat Celsius, dan Bandung 33 derajat Celsius.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa El Niño turut berperan dalam menyebabkan cuaca panas di Pulau Jawa. "Pemanasan sinar matahari cukup optimal terjadi pada pagi hingga siang hari. Saat ini, matahari berada tepat di atas khatulistiwa pada bulan September, sehingga sinar matahari merata di wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jabodetabek," ujar Guswanto. Guswanto juga mengungkapkan bahwa suhu udara maksimum di beberapa wilayah Indonesia dalam 10 hari terakhir berkisar antara 35 hingga 37 derajat Celsius. "Kondisi ini merupakan hal yang biasa dan normal terjadi selama musim kemarau dan peralihan musim," tambahnya.

Guswanto menyatakan bahwa pengaruh El Niño juga memengaruhi pembentukan awan hujan yang relatif sedikit, yang berarti musim hujan cenderung terlambat dan sebagian besar terjadi pada bulan November. "Beberapa wilayah di Indonesia, khususnya wilayah bagian selatan Equator seperti DKI Jakarta, masih mengalami musim kemarau. Ini disebabkan oleh angin timuran yang membawa massa udara kering dari belahan selatan Bumi yang masih cukup kuat berembus," jelasnya.

El Niño adalah salah satu fase dari fenomena iklim alamiah yang dikenal sebagai El Niño-Southern Oscillation (ENSO). ENSO adalah siklus iklim yang terjadi di Samudra Pasifik tengah dan timur dan memiliki dampak global pada cuaca.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut