get app
inews
Aa Read Next : Perusahaan Rokok Terbesar Korsel Bangun Pabrik di PIER, Nilai Investasi Rp6,9 Triliun

8 Kampus Ini Penganut Kristen Muhammadiyah, Aliran Apa Itu?

Sabtu, 02 Desember 2023 | 17:45 WIB
header img
Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Sorong. Foto:laman resmi UMS

MALANG, iNewsPasuruan.id - Persyarikatan Muhammadiyah ternyata memiliki kampus berbasis mahasiswa non muslim di kawasan Indonesia Timur. Setidaknya, organisasi Islam yang didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan memiliki 8 kampus yang mayoritasnya beragama non muslim seperti Kristen dan Katolik.  

Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti menyebut sudah ada delapan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang masuk dalam kategori Kampus Krismuha -singkatan dari Kristen Muhammadiyah. PTM yang dimaksud, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Muhammadiyah Sorong, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Manokwari, Universitas Muhammadiyah Papua di Jayapura, Universitas Muhammadiyah Kupang, STKIP Muhammadiyah Kalabahi di Alor, Universitas Muhammadiyah Maumere, dan Universitas Muhammadiyah Manado.

"Meski mayoritas mahasiswanya adalah beragama Kristen dan Katolik, mereka hafal “lagu kebangsaan” Muhammadiyah, Sang Surya yang selalu dinyanyikan pada acara-acara formal tertentu," ungkap Sayuti seperti dilansir laman resmi Persyarikatan Muhammadiyah, Sabtu (2/12/2023).

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut