get app
inews
Aa Read Next : Perusahaan Rokok Terbesar Korsel Bangun Pabrik di PIER, Nilai Investasi Rp6,9 Triliun

Tanah Garapan 120 Hektare Diserobot Oknum, Puluhan Warga Dua Desa Demo PT PIER

Rabu, 17 Januari 2024 | 22:04 WIB
header img
Warga berunjuk rasa di depan PT PIER. Mereka menuntut pembatalan proses PTSL lahan seluas 120 hektare. Foto:IST

PASURUAN, InewsPasuruan.id - Puluhan warga dari Desa Selotambak dan Desa Curah Dukuh, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, berunjuk rasa di depan kantor PT Pasuruan Industri Estate Rembang (PIER), Rabu (17/1/2024). Aksi unjuk rasa dipicu hilangnya tanah lahan garapan pertanian seluas 120 hektare di dua desa tersebut. Tanah tersebut diduga dijual oleh seorang oknum kepada PT Surabaya Industri Estate Rungkut (SIER).

Alih status tanah garapan ini diketahui warga dari pengukuran yang dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasuruan. Lahan tersebut dalam proses Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Warga yang berunjuk rasa mengaku lahan yang sudah dilakukan pengukuran adalah miliknya, dan bukan milik orang lain. Warga mendengar jika oknum yang mengaku pemilik lahan tersebut hendak menjualnya ke PT SIER untuk pengembangan lahan PT PIER. Proses jual beli antara perusahaan dengan oknum tersebut sudah diproses sambil menunggu sertifikat lahan keluar dari BPN.

Warga membentangkan poster dan spanduk. Mereka meminta kepada pengembang kawasan industri untuk menghentikan proses jual beli lahan yang telah di klaim oleh oknum tersebut. Pengunjuk rasa meminta untuk bertemu dengan pihak manajemen pengembang PT PIER. Setelah berorasi sekitar 15 menit, perwakilan warga  ditemui oleh manajemen perusahaan. Sayangnya, pertemuan antara warga dan perwakilan perusahaan berlangsung alot. "Kita hanya menuntut agar manajemen perusahaan untuk menghentikan dan membatalkan proses jual beli lahan, karena lahan tersebut adalah milik warga," ujar koordinator pengunjuk rasa, Khoinur Kusuma, Rabu (17/1/2024)

 Hasyim (55), warga Desa Curah Dukuh, mengatakan bahwa sudah puluhan tahun menggarap lahan tersebut untuk pertanian. "Itu tanah milik saya, kenapa tiba-tiba ada yang mengakui dan menjualnya ke PT PIER. Saya minta ini jangan diteruskan," kata Hasyim yang mengaku memiliki salah satu petak lahan.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut