get app
inews
Aa Read Next : Nelayan Masuk Kotak Fiber, Bertahan Hidup Selama 7 Hari di Lautan, Terdampar hingga Jakarta

Diterjang Cuaca Ekstrem, Payung Madinah Masjid Agung Pasuruan Rusak

Kamis, 25 Januari 2024 | 20:29 WIB
header img
Payung Madinah di depan Masjid Agung Al Anwar Kota Pasuruan, rusak diterjang angin kencang. FOTO:Ninon Raka

PASURUAN, InewsPasuruan.id - Payung Madinah yang berdiri di depan Masjid Agung Al Anwar, sisi barat Alun-Alun Kota Pasuruan, mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang. Wali Kota Pasuruan, Saifulloh Yusuf (Gus Ipul), Kamis (25/1/2024) memastikan bahwa dua payung yang mengalami kerusakan pada tuas membran bisa diperbaiki. "Kerusakannya pada tuas membran, jadi payung tidak bisa menutup dengan sempurna setelah ada angin kencang kemarin," terang Gus Ipul.

Dua pekan sebelumnya, cuaca ekstrem melanda Kota/Kabupaten Pasuruan. Angin puting beliung merusak puluhan rumah di Kelurahan Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Kemudian, puluhan rumah di Desa Kalirejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan juga rusak diterjang angin kencang. 

Gus Ipul mengatakan kerusakan tuas membran masih menjadi tanggung jawab kontraktor. Garansi yang diberikan oleh kontraktor kepada Pemerintah kota Pasuruan terhadap payung madinah selama 10 tahun. Garansi berlaku untuk membran dan kain jika mengalami kerusakan sobek. Sedangkan garansi 5 tahun untuk besi kontruksi payung madinah.

Secara kontruksi payung madinah mempunyai standar kekuatan dalam menahan kencangnya angin, tetapi kerusakan pada membran kedua payung madinah diduga karena kekuatan angin sudah melebihi batas. Dinas Pemuda Dan Olahraga tengah melakukan perhitungan untuk menambah jumlah payung antara 4 sampai 6 yang akan dipasang pada sisi selatan. "Sekarang masih tahap perhitungan. Semoga tahun 2025 mendatang rencana realisasi penambahan payung bisa dilaksanakan," pungkas Gus Ipul.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut