get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Pasuruan Selesaikan 68,39 Persen Coklit Data Pemilih

Perusahaan Rokok Terbesar Korsel Bangun Pabrik di PIER, Nilai Investasi Rp6,9 Triliun

Jum'at, 26 April 2024 | 22:29 WIB
header img
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono (tengah) meresmikan peletakan batu pertama pabrik KT&G di Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Foto: Ninon Raka

PASURUAN, iNewsPasuruan.id -- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, meresmikan peletakan batu pertama pembangunan pabrik ke-2 dan ke-3 milik Korea Tomorrow & Global (KT&G) di kawasan Pasuruan Industri Estate Rembang (PIER), Jumat (26/4/2024).  Investasi raksasa senilai Rp 6,9 triliun ini bukan hanya angin segar bagi ekonomi Jawa Timur, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen KT&G dalam memperkuat posisinya di Indonesia.

Pabrik baru ini akan didirikan di atas lahan seluas 19 hektare dan diproyeksikan akan menyerap ribuan tenaga kerja. KT&G diketahui adalah perusahaan sigaret terbesar ke-9 di dunia pada tahun 2018. KT&G mulai melirik pasar sigaret Indonesia sekitar tahun 2002 setelah kepemilikan perusahaan ini berubah dari milik negara menjadi swasta. KT&G Indonesia adalah anak perusahaan KT&G di Asia-Pasifik  dan merupakan perusahaan rokok terbesar di Korea Selatan. Produk perusahaan tersebut saat ini dijual di lebih dari 50 negara, termasuk Indonesia.

Pj Gubernur Adhy optimistis bahwa investasi KT&G ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi Jawa Timur.  "Manfaat dari investasi ini tentunya tidak hanya terkait penyerapan tenaga kerja semata, tetapi juga dapat menciptakan multiplier effect yang bermuara pada peningkatan daya beli masyarakat sekitar dan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur," jelas Adhy.

Pj Gubernur Jatim Adhy menekankan bahwa kemudahan perizinan, pertanahan, regulasi tenaga kerja, dan energi yang difasilitasi oleh Pemprov Jatim menjadi daya tarik utama bagi investor.  Hal ini sejalan dengan semangat peningkatan investasi yang digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut