get app
inews
Aa Read Next : Kesemutan di Kaki Bisa Jadi Salah Satu Gejala Stroke!

Berikut 3 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah

Selasa, 29 Maret 2022 | 08:15 WIB
header img
Melancarkan Alat Peredaran Darah

iNewsPasuruan.id – Menerapkan gaya hidup yang sehat merupakan cara paling ampuh dan termurah untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah.

Alat atau organ peredaran darah manusia terdiri dari banyak komponen, beberapa darinya adalah jantung, pembuluh darah, dan darah memang harus dirawat dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit, seperti hipertensi, gagal jantung, jantung koroner, maupun gagal jantung. 

Saat organ peredaran darah dijaga dengan baik, akan bekerja sebagaimana mestinya dalam mengalirkan oksigen dan nustrisi yang ada di dalam darah ke seluruh sel dan jaringan di dalam tubuh.

Cara yang benar untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah berikut ini wajib Anda simak dan terapkan. 

Cara yang benar untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah: 

1. Rutin berolahraga Saat berolahraga, oksigen akan lebih banyak dihirup untuk menstabilkan fungsi organ-organ di dalam tubuh. Banyaknya okisgen yang dihirup ini mendorong respon jantung untuk mengalirkan darah lebih banyak ke seluruh tubuh. Di saat yang bersamaan, pembuluh darah juga akan melebar untuk mengalirkan darah lebih optimal. Anda yang rutin berolahraga dapat meningkatkan kemampuan alat peredaran darah di dalam tubuh. Tak hanya itu, olahraga rutin juga membuat seseorang memiliki berat badan ideal dan terhindar dari obesitas. Anda bisa memulainya dengan melakukan olahraga, seperti jogging, yoga, maupun senam aerobik secara konsisten.

2. Memperhatikan konsumsi makanan Cara yang benar untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah dengan menjaga makanan. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3, nitrit oksida, dan antioksidan. Sebagai informasi, asam lemak omega 3 berfungsi untuk mencegah penyumbatan pada kolestrol, sedangkan antioksidan berfungsi untuk menjaga pembuluh darah dari radikal bebas, dan nitrit oksida bertugas untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah. Ketiga kandungan gizi tersebut bisa Anda temukan pada sayuran hijau, cabai, teh hijau, alpukat ikan salmon, jeruk, bawang bombay, dan sebagainya. Selain itu, makanan yang banyak mengandung gula harus Anda hindari karena dapat mempertebal dinding pembuluh darah dan mengganggu kelancaran sirkulasi darah. Tak hanya gula, rokok juga dianjurkan untuk tidak dikonsumsi lagi karena mengandung banyak nikotin. Nikotin inilah yang dapat mengentalkan darah dan membuat sirkulasi darah menjadi terganggu.

3. Hindari stres Sudah menjadi rahasia umum jika pikiran negatif adalah sumber berbagai penyakit pada tubuh. Bahkan, kerusakan pada alat peredaran darah juga bisa disebabkan karena adanya stres yang diderita oleh seseorang. Namun stres tidak bisa dihindari dari kehidupan manusia. Anda sebaiknya berlatih untuk mengelola stres dengan baik. Mengelola stres bisa dilakukan dengan tidak membiarkan pikiran negatif terus menerus menguaasai pikiran Anda.   Itulah tiga cara yang benar untuk menjaga kesehatan alat peredaran darah agar terhindari dari berbagai penyakit berbahaya dan mematikan.

iNewsPasuruan.id

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut