get app
inews
Aa Read Next : 25 SMA Terbaik Indonesia Versi LTMPT Berdasar Hasil UTBK 2022

Tips Ampuh Mengikuti UTBK Saintek

Jum'at, 15 April 2022 | 14:58 WIB
header img
Tips Ampuh Mengikuti UTBK Saintek

JAKARTA,iNews.id - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan segera dimulai, para calon mahasiswa tentu harus berusaha untuk dapat mengikut tes dengan baik. Tentunya dalam mengikuti tes ini ada tips untuk memudahkan para calon mahasiswa untuk melewati tes ini.

Terdapat tiga kelompok ujian yang bisa diikuti saat UTBK, Yakni kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Campuran (Saintek dan Soshum).

Kelompok ujian Saintek nantinya akan menemui materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek yang meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Waktu ujian bagi kelompok Saintek selama 195 menit.

Sementara kelompok ujian Soshum juga akan diuji dengan TPS dan Bahasa Inggris. Sementara ujian TKAnya meliputi mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi waktu ujian selama 195 menit.

Sedangkan untuk kelompok Ujian Campuran akan menemui materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Alokasi waktu ujian bagi kelompok ini lebih lama dari Saintek dan Soshum yakni selama 285 menit.

Bagi peserta UTBK SBMPTN yang mengambil kelompok ujian Saintek, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berjuang di arena pertempuran. Tips di bawah ini wajib kalian baca untuk memaksimalkan proses dalam mengerjakan soal UTBK Saintek dengan tepat dan lancar.

Mari kita bahas tips-tipsnya satu per satu berdasarkan kategori soalnya seperti yang dilansir dari laman resmi Ruangguru di ruangguru.com berikut ini.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut