get app
inews
Aa Read Next : Madrid Kuasai El Clasico, Nyaman di Puncak Klasemen

Carles Puyol, Seorang Kapten Yang Tegas

Jum'at, 06 Mei 2022 | 02:50 WIB
header img
Carles Puyol seorang legenda FC Barcelona dan Timnas Spanyol

iNews.id - Legenda hidup FC Barcelona sekaligus mantan kapten yang sangat disegani oleh rekan rekannya, Carles Puyol. Pria berkebangsaan Spanyol yang sangat tegas saat berada di lapangan hijau. Berbagai prestasi luar biasa telah berhasil diraihnya.

Bek tangguh asal spanyol ini lahir pada 13 april 1978. Meski sudah pensiun namanya masih terdengar sangat fenomenal, permainan tangguhnya saat menjaga pertahanan sudah dikenal diseluruh dunia.

Sebelum pensiun, Carles Puyol hanya bermain untuk Barcelona. Dia pernah mengemban tugas sebagai kapten Barcelona.

Puyol bergabung dengan FC Barcelona Junior di La Masia dan beralih posisi lagi, untuk bermain sebagai gelandang bertahan. Namun, dua tahun kemudian, dia mulai bermain untuk tim B klub itu dengan menempati posisi bek kanan.

Legenda bek tangguh Barcelona yang pernah tolak pinangan Real Madrid dua kali ini pun pernah menjabat sebagai kapten tim paling lama untuk Barcelona, setelah mengambil alih dari Luis Enrique pada Agustus 2004. Dia bermain di lebih dari 500 pertandingan resmi untuk tim dan memenangkan 18 pertandingan utama, terutama 5 La Liga dan 3 Liga Champions.

Mantan pesepakbola dengan tinggi 178 cm ini mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan ketika masih aktif sebagai pesepakbola profesional. Ya, Puyol mengaku sempat dua kali mencoba direkrut oleh rival abadi klubnya, yakni Real Madrid.

Sebagaimana diketahui, Puyol pertama kali memperkuat tim senior Barcelona pada 1999. Sejak saat itu, Puyol pun menjadi andalan di lini pertahanan Barcelona dan sempat juga dipercaya untuk menjadi kapten klub berjuluk Blaugrana tersebut.

Puyol sendiri menghabiskan 15 tahun memperkuat Barcelona, sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim 2013-2014. Dalam kurun waktu tersebut, Puyol berhasil membawa Blaugrana meraih sejumlah gelar bergengsi, seperti Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Dalam perjalanan karier profesionalnya, Puyol memang bisa dikatakan salah satu bek terbaik di dunia. Wajar jika Real Madrid yang notabene rival abadi Barcelona sempat berharap bisa memboyong pria berambut keriting tersebut.

Bahkan, legenda bek tangguh Barcelona yang pernah tolak pinangan Real Madrid dua kali ini mengaku sempat mendapat tawaran untuk bergabung dengan Madrid sebanyak dua kali. Puyol memilih untuk tak mengubris tawaran dari Madrid tersebut karena ingin tetap berseragam Barcelona.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut