get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah Kamis 23 Maret 2023

Bupati Irsyad Perintahkan Perangkat Daerah Lebih Maksimalkan DBHCHT untuk Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu, 11 Juni 2022 | 06:25 WIB
header img
Bupati Pasuruan memerintahkan perangkat daerah memaksimalkan DBHCHT untuk memacu pertumbuhan ekonomi. (Foto:Kominfo)

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Bupati Irsyad Yusuf memerintahkan seluruh Perangkat Daerah lebih mengoptimalkan program dan kegiatan yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Targetnya sudah barang tentu agar kegiatan yang telah direncanakan berdampak positif bagi masyarakat luas.

Dengan demikian, pemanfaatan DBH-CHT lebih tepat sasaran. Tidak hanya dalam bidang penegakan hukum dalam bentuk agenda sosialisasi bersifat edukatif dalam rangka pemberantasan rantai produksi, distribusi dan penyebaran rokok ilegal saja. Melainkan juga di ranah kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta semua OPD bisa benar-benar memaksimalkan DBHCHT untuk percepatan pertumbuhan ekonomi. Dua tahun pandemi, yang kita hadapi adalah jalan rusak, jembatan dan lainnya. Ini yang ada di hadapan kita. Segera prioritaskan perbaikan jalan-jalan rusak. Sehingga 50 persen anggaran DHBHCHT harus dimanfaatkan untuk itu,” tandas Bupati dikutip dari laman resmi Sabtu (11/6/2022).

Didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Ahmad Khasani dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Tri Agus Budiharto, Kepala Daerah menggarisbawahi tentang pentingnya perumusan program kegiatan. Sehingga benar-benar efektif dan menyasar target.

Seperti halnya yang tercantum dalam kebijakan pengaturan penggunaan DBH-CHT yang mencakup Program Pembinaan Lingkungan Sosial. Di dalamnya termasuk pengalokasian anggaran untuk peningkatan kualitas infrastruktur jalan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Banyak kegiatan yang bisa dimaksimalkan untuk masyarakat. Dalam rangka peningkatan produktivitas UMKM kita, misalnya. Maka melalui Disperindag bisa ditindaklanjuti melalui kegiatan. Sehingga bentuk kegiatannya harus ada output konkrit,” pintanya kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah yang memperoleh dana hibah DBHCHT.

Masih dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi DBH-CHT yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Pasuruan pada hari Selasa (7/6/2022) tersebut, Bupati juga meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan agar menyiapkan betul grand design pemanfaatan DBH-CHT. Muaranya tidak lain untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Pasuruan.iNewsPasuruan 

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut