Puluhan Remaja Terjun ke Pantai Lekok, Tanam Mangrove dan Angkut Sampah

Edi Purwanto
Puluhan pemuda dan pemudi membersihkan pantai Lekok dari sampah. Foto IST

Camat Lekok Mulyohadi menjelaskan kegiatan Bersih Pantai dan penanaman tanaman mangrove menjadi kegiatan yang dapat menjadi usaha pengembangan lingkungan Pantai Lekok."Pemuda pemudi Lekok diharapkan bersemangat dalam memajukan pantai Lekok supaya semakin bersih dan sehat," tandasnya.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Lekok Dodit Waluyo menjelaskan bahwa kegiatan Bersih Pantai yang diiringi dengan Kegiatan penanaman mangrove menjadi salah satu upaya fungsional dalam pemanfaatan pesisir pantai. "Sehingga diharapkan dapat menjadi suatu pembaharuan dalam terciptanya ekosistem lingkungan pesisir yang bersih dan asri," kata Dodi Waluyo.

 

Perwakilan dari Bumdesma Lekok yang mengelola TPST wilayah Lekok, Anisatus mengatakan, "Bersih pantai dan penanaman mangrove ini menjadi suatu kegiatan dalam upaya menciptakan lingkungan pesisir pantai yang dulunya terlihat kumuh, menjadi fasilitas publik yang dapat dijadikan tempat bermain anak-anak dan tempat menikmati matahari tenggelam”.

Pantai Lekok menjadi salah satu objek ekosistem pantai yang seharusnya dijaga. Pantai ini awalnya terlihat kumuh karena setiap kali dilakukan bersih pantai, esoknya akan kembali ada tumpukan sampah. Zain, Ketua Komunitas BCU Lekok berharap kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jumat 2 minggu sekali bersama para pelajar, dapat membangun kesadaran masyarakat dengan memberikan contoh aksi nyata.

"Sehingga mereka tidak lagi membuang sampah ke pantai. Sebagai informasi selama bulan Juli kami bersih pantai, telah terangkut lebih dari 2.000kg sampah yang terangkut. Kegiatan ini didasari oleh semangat teman-teman pelajar di kecamatan Lekok dalam menjaga lingkungan," kata Zain.

Editor : Bian Sofoi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network