Gudang Milik Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Dilalap Api, Arsip dan Aset Pemerintah Ludes

Ninon Raka
Petugas PMK melakukan pembasahan di lokasi kebakaran gudang Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan untuk memastikan tidak ada titik api yang tersisa. Foto: IST

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Kebakaran melanda gudang milik Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan di Kecamatan Kejayan, Kamis (19/9/2024) dini hari. Api yang berkobar sekitar pukul 02.00 WIB ini menghanguskan sejumlah arsip dan aset penting milik pemerintah.

Lilik Wiji Asri, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, menyampaikan bahwa ia baru mengetahui kebakaran tersebut pada pagi harinya dan segera menuju lokasi untuk meninjau kerusakan yang terjadi.

“Saya baru menerima laporan pagi hari, dan langsung bergegas ke lokasi untuk melihat kondisinya,” ujar Lilik.

Dua bagian gudang ludes dilalap api, termasuk salah satunya yang digunakan untuk menyimpan arsip yang berusia lebih dari lima tahun.

"Arsip-arsip ini dipindahkan ke gudang karena kantor utama di Raci sudah kehabisan ruang penyimpanan," ungkapnya.

Selain arsip, sebuah kendaraan dinas berpelat L milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga ikut terbakar. Meski demikian, menurut Lilik, kendaraan itu sebenarnya sudah tidak layak pakai.

“Kendaraan tersebut memang sudah tidak bisa digunakan lagi, tetapi belum ada instruksi resmi untuk penghapusan aset, sehingga masih disimpan di gudang,” tambahnya.

Tidak hanya arsip dan kendaraan, dua unit traktor yang dimiliki Dinas Pertanian juga turut terbakar. Meski begitu, Lilik menyatakan pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan untuk memastikan total kerugian.

"Polisi saat ini sedang melakukan penyelidikan, dan kami juga menunggu hasil labfor untuk mengetahui penyebab kebakaran ini," tutup Lilik. 

Editor : Bian Sofoi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network