Mengukir Prestasi Melalui Program Perlindungan Tanah Wakaf

Ninon Raka
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Nuril Alam. Foto: IST

PROBOLINGGO, iNewsPasuruan.id - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Nuril Alam, meraih penghargaan Extraordinary Sustainability Development Goals (SDGs) and Government Cooperation 2024, Rabu (25/9/2024) kemarin. Penghargaan tersebut diberikan atas prestasinya dalam menciptakan pemerataan kesejahteraan sosial, keadilan hukum, serta kemanfaatan hukum di daerahnya.

Ahmad Nuril Alam dinilai berhasil melakukan pendekatan kolaboratif dan terpadu dengan semua pemangku kebijakan. Salah satu wujud kepeduliannya terlihat dari program "Jaksa Peduli Tanah Wakaf" yang diluncurkan oleh Kejari Probolinggo. 

Program ini bertujuan untuk memberikan legalitas kepada tanah wakaf di Kabupaten Probolinggo yang selama ini belum memiliki sertifikat.

"Di Probolinggo, terdapat sekitar 2.000 tanah wakaf yang belum memiliki legalitas sah. Saat ini, sudah 1.000 tanah wakaf yang telah disertifikasi," ungkap Nuril.

Nuril menjelaskan bahwa kerjasama antara Kejari Probolinggo, Badan ATR/BPN Probolinggo, Kementerian Agama, dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah memungkinkan pembagian sertifikat kepada pengelola tanah wakaf, yang sebagian besar merupakan tempat ibadah seperti masjid dan gereja.

“Dengan adanya sertifikat tersebut, keabsahan tanah wakaf lebih terjamin, sehingga dapat mencegah perebutan hak tanah yang sering terjadi di antara ahli waris serta mencegah hilangnya aset wakaf. Ini juga akan membangun suatu sistem basis data aset wakaf yang akurat,” tambahnya.

Dengan penghargaan ini, Ahmad Nuril Alam berharap program-program yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat dan perlindungan aset wakaf dapat terus berlanjut dan semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi hukum di Kabupaten Probolinggo.

Editor : Bian Sofoi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network