Cagub Risma Cek Sungai di Pasuruan, Cari Solusi Atasi Banjir

Ninon Raka
Tri Rismaharini, Cagub Jatim, meninjau Sungai Bok Wedi dengan naik motor untuk mencari solusi banjir di Kota Pasuruan. Foto: Ninon Raka

PASURUAN, iNewsPasuruan.id – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini, mengunjungi Kota Pasuruan pada Selasa (1/10/2024) malam. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat kondisi Sungai di Kelurahan Belandongan, Kecamatan Bugul Kidul, yang kerap menjadi penyebab banjir di wilayah tersebut.

Mantan Wali Kota Surabaya dan Menteri Sosial ini melakukan pengecekan langsung mulai dari Jembatan Bok Wedi hingga hilir sungai. Dalam peninjauannya, Risma ingin memastikan kondisi lingkungan sekitar dan mencari solusi untuk mencegah banjir saat musim penghujan.

"Setiap tahun, banjir melanda wilayah ini. Saya ingin mengecek permasalahan apa yang ada di sungai sehingga menjadi langganan banjir," ungkap Risma.

Dia menjelaskan, terdapat dua masalah utama yang dihadapi. Pertama, kondisi sungai yang semakin menyempit di bagian ujung, yang membuat air tidak bisa keluar saat pasang. 

"Oleh karena itu, sungai perlu dinormalisasi dan dilengkapi dengan pintu air serta pompa agar air pasang tidak masuk," tambahnya.

Selain itu, Risma juga menyoroti masalah dari wilayah kabupaten, di mana air memiliki ketinggian yang sangat tinggi.

"Kecepatan aliran dari hilir harus dikurangi," ujarnya.

Setelah meninjau Sungai Bok Wedi, Risma melanjutkan kunjungannya ke Sungai Welang yang berada di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, untuk melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap kondisi sungai di wilayah tersebut.

Editor : Bian Sofoi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network