Logo Network
Network

Penampakan Langka, Ubur-Ubur Kotak Terekam Pamer Keindahan di Pantai Papua Nugini

Wasis Wibowo
.
Rabu, 31 Agustus 2022 | 21:12 WIB
Penampakan Langka, Ubur-Ubur Kotak Terekam Pamer Keindahan di Pantai Papua Nugini
Seorang penyelam di lepas pantai Papua Nugini merekam penampakan langka ubur-ubur kotak yang sangat indah. Foto/Petapixel

PORT MORESBY, iNewsPasuruan.id - Seorang penyelam di lepas pantai Papua Nugini merekam penampakan langka ubur-ubur kotak yang sangat indah. Rekaman penampakan ubur-ubur kotak yang spektakuler itu sangat langka , karena baru kedua kalinya spesies ini didokumentasikan. Ubur-ubur cantik yang pertama kali terekam video, memiliki empat kelompok tentakel bergaris yang mengikuti di belakang tubuhnya yang tembus pandang.

Terlihat cincin di sekitar inti merah terang, disebut Chirodectes maculatus. Ini adalah spesies ubur-ubur kotak yang sangat langka dan jarang ditemukan. “Melihat ubur-ubur jenis baru saat menyelam hari ini. Ini memiliki tanda yang keren dan sedikit lebih besar dari bola sepak dan mereka berenang cukup cepat,” deskripsi di video itu dikutip SINDOnews dari laman Petapixel, Rabu (31/8/2022).

Sebagian besar ubur-ubur kotak dikenal berbisa bagi manusia, beberapa di antaranya bahkan sangat beracun, tetapi spesies khusus ini tidak diketahui apakah berbahaya. Spesies ini pertama kali diketahui pada tahun 2005 oleh tim ilmuwan Australia yang menangkap satu ekor pada tahun 1997 dan melestarikannya.

Meskipun telah terlihat sebelumnya dan bukan hal baru seperti yang dipikirkan pembuat video, spesies ini sangat langka bahkan belum pernah terlihat lebih dari dua kali ini. Penampakan ini dinilai luar biasa apalagi hasil rekamannya sangat berkualitas tinggi. Rekaman ini membuat siapa pun mudah melihat ubur-ubur kotak spesies yang langka langsung di habitat aslinya. Bagi para ilmuwan menjadi objek yang menarik untuk mempelajari salah satu spesies yang langka ini.

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.