Logo Network
Network

Doktor Ida Sumarsih Ungkap Perlunya Perubahan UU Minerba untuk Relaksasi Kepemilikan Saham Asing

Edi Pur
.
Selasa, 20 September 2022 | 11:53 WIB
Doktor Ida Sumarsih Ungkap Perlunya Perubahan UU Minerba untuk Relaksasi Kepemilikan Saham Asing
Program Pascasarjana Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ida Sumarsih, program doktor Ilmu Hukum pada hari Sabtu, 17 September 2022. Foto: IST

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Disertasi Ida Sumarsih menilai perlunya relaksasi kepemilikan asing pada sektor pertambangan. Hal ini sejalan dengan dorongan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat berdiskusi dengan KADIN dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045 baru baru ini. Diskusi tersebut terungkap ajakan kepada para pengusaha untuk mengundang investor asing untuk berinvestasi di sektor pertambangan sebagai implementasi  kebijakan pemerintah untuk melakukan hilirisasi produk pertambangan.

Program Pascasarjana Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ida Sumarsih, program doktor Ilmu Hukum pada hari Sabtu, 17 September 2022. Pada sidang terbuka promosi doktor tersebut, Ida  berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Dampak Nominee Agreement Pada Badan Usaha Pertambangan Minerba Terhadap Kesejahteraan Rakyat"

Ida menemukan pembuatan nominee agreement dianggap sebagai penyelundupan hukum karena tidak memenuhi syarat sah perjanjian sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, khususnya mengenai kausa yang halal. Namun demikian, nominee agreement  tidak dapat serta merta dianggap batal demi hukum karena harus dilihat terlebih dahulu isi atau materi muatan perjanjianya.

Yang pasti, pembuatan nominee agreement merupakan pilihan dan cara investor asing mengamankan investasinya di Indonesia. Melalui penelitiannya menggunakan kajian Economic Analysis of Law dengan metode Cost and Benefit Analysis pada Kabupaten Morowali dan Kutai Kartanegara terungkap bahwa nominee agreement memiliki dampak positif dan kontributif dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat di 2 kabupaten tersebut. 

Oleh karena itu, dari segi kebijakan, larangan nominee agreement memerlukan peninjauan kembali terutama dengan mengingat manfaatnya dalam menjaga iklim investasi yang kondusif yang dapat mendukung upaya meningkatkan perekonomian nasional untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. "Untuk itu saya mengusulkan relaksasi kepemilikan saham asing melalui perubahan UU Minerba. Agar Nominee agreement tidak digunakan lagi dalam praktek hukum di lingkungan industri pertambangan nasional", ungkap Ida dalam sidang doktoralnya.

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini