get app
inews
Aa
Read Next : Dituding Malapraktik Bayi hingga Tewas, Ini Penjelasan RSUD Grati

6 Kelok Jalan Berbahaya di Indonesia, Ada Yang Digunakan untuk Balapan

Rabu, 21 September 2022 | 08:19 WIB
header img
Tanjakan dan tikungan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat yang tergolong ekstrem dan mengerikan. (Foto: antara)

4. Kelok 44

Kelok 44 berlokasi di daerah perbukitan atas Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Total belokan di jalan ini sesuai dengan namanya, yaitu berjumlah 44 dengan sudut belokan sekitar 45 hingga 60 derajat. Kelokan yang ekstrem membuat pengendara yang melintasi jalur ini harus berhati-hati. Meski begitu, Kelok 44 menawarkan panorama alam indah yang memanjakan mata.

Kelok 44 tidak hanya dikenal nasional, tetapi juga terdengar sampai dunia internasional. Jalur ini bahkan menjadi langganan Tour de Singkarak, perlombaan balap sepeda internasional yang diadakan oleh Union Cycliste Internationale. Kelok 44 dipilih sebagai salah satu rute karena unik dan menantang para pembalap.

5. Kelok Tanjakan Limbangan

Terletak di Garut, Jawa Barat. Kelok Tanjakan Limbangan sangat berliku dan curam sehingga memicu tingginya angka kecelakaan. Ruas jalan juga tidak luas sehingga jarak pandang pengendara pun terbatas. Selain itu, jalanan yang panjang dan menanjak juga menjadi faktor mengerikan Kelok Tanjakan Limbangan. Para pengendara yang ingin melintasi jalan ini wajib selalu waspada dan berhati-hati.

6. Jalur Cadas Pangeran

Jalur Cadas Pangeran yang berada di tengah perbukitan memiliki banyak belokan tajam. Jalur ini menghubungkan Bandung dan Sumedang. Oleh warga sekitar, jalur Cadas Pangeran disebut juga ‘jalur tengkorak’ lantaran kisah angker dan langganan kecelakaan kala mudik tiba. Menariknya, Cadas Pangeran ternyata mengandung sejarah karena jalan sepanjang tiga kilometer ini dibangun oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels, bagian dari proyek jalan Anyer-Panarukan. 

 Dilansir dari sisemar.sumedangkab.go.id, Cadas Pangeran merupakan simbol dari penolakan Bupati Sumedang Pangeran Kusumadinata IX (1791-1828) atas pembangunan jalan tersebut. Penamaan Cadas Pangeran berasal dari watak keras (cadas) Pangeran Kusumadinata IX. Namun, arti lain adalah daerah tersebut berbukit cadas sehingga dinamakan Cadas Pangeran.

Itulah 6 kelok jalan berbahaya di Indonesia. Ada yang pernah Anda lewati?
 

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut