get app
inews
Aa Read Next : Link Live Streaming Menyaksikan Gerhana Matahari Hibrida, Kamis, 20 April 2023

Gelombang Selat Bali Landai, BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem di 11 Provinsi

Selasa, 27 Desember 2022 | 13:17 WIB
header img
Suasana penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, Selasa (27/12/2022) pagi. Gelombang laut di Selat Bali landa meski BMKG memperkirakan terjadi cuaca ekstrem di 11 Provinsi.

“Ini menjadi perhatian kita karena sebagaimana disampaikan oleh BMKG bahwa sampai jelang nanti kita sudah melewati Natal sampai nanti Tahun Baru 2023 kita harus ekstra hati-hati karena potensi cuaca ekstrem masih ada, karena anomali cuaca di beberapa tempat,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat Konferensi Pers secara virtual, Senin (26/12/2022).

Potensi cuaca ekstrem tersebut yakni hujan lebat hingga sangat lebat di 11 provinsi yakni di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. “Nanti kita lihat dievaluasi bencana 1 tahun, kita sudah meranking itu provinsi dan kabupaten kota yang rawan banjir rawan longsor, ini benar harus ekstra hati-hati,” kata Aam sapaan akrabnya.

 Sementara itu, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. “Nah, cuaca ekstrem ini seperti puting beliung, angin kencang disertai hujan deras, lain-lain yang ternyata juga bisa berdampak cukup signifikan dan juga membawa tanah longsor, gelombang pasang serta abrasi,” ujar Aam.

“Tidak terkecuali meskipun hujan sedang hingga lebat di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI, Kalimantan Timur, Maluku, Papua, Aceh, masih ada daerah yang belum kering sehingga dikhawatirkan kemudian daerah-daerah yang baru saja terkena banjir juga kembali basah,” katanya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut