get app
inews
Aa Read Next : Ponpes Sidogiri Berduka, Empat Kerabat Pondok Tewas Tertabrak KA Pandalungan

Orang Jawa Jadi Menteri di Afrika Selatan, Siapa Dia?

Sabtu, 04 Februari 2023 | 07:35 WIB
header img
Tina Joemat-Pettersson (Foto: Sowetanlive)

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Tina Joemat-Pettersson sepintas nama wanita ini sangat kebarat-baratan. Tapi begitu mendengar nama Sutinah Joemat, nama ini pasti orang jawa. Tina bukan orang biasa, beberapa tahun silam Tina adalah orang penting di Afrika Selatan. Dia menjabat menteri.

Bagaimana bisa orang jawa jadi menteri di Afrika Selatan?  Sjahril Sabaruddin, Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan periode 2010-2013 mengatakan bahwa sebanyak 1,2 juta jiwa berdarah Melayu tinggal di negara tersebut. Mayoritas dari mereka menempati Cape Town.

Siapa Tina Joemat-Pettersson? Simak profil singkatnya yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber pada Jumat (3/2/2023). Berikut profil singkat Tina Joemat-Pettersson

1.Bernama asli Sutinah Joemat

Tina Joemat-Pettersson lahir di Kimberley, Afrika Selatan, 18 Desember 1963. Ia memiliki nama asli Sutinah Joemat yang menurut sebagian orang terdengar ‘sangat Jawa’. Wanita itu ternyata merupakan keturunan Kendal, Jawa Tengah. Sayangnya, tak ada informasi lebih lanjut yang menjelaskan  kedua orang tuanya. 

2.Riwayat pendidikan

Tina Joemat  mengenyam pendidikan di William Prescord High School. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan studinya di University of the Western Cape. Di kampus tersebut, ia mengambil Executive Management Programme. Lalu pada tahun 2002, Tina Joemat-Pettersson berhasil menyelesaikan pendidikannya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut