get app
inews
Aa Read Next : Semeru Luncurkan Awan Panas, Ini Imbauan PVMBG

Keindahan Ranu Kumbolo Semeru dan Kisah Bocah Lahir dengan Tubuh Bersisik

Rabu, 08 Februari 2023 | 22:50 WIB
header img
Ranu Kumbolo Semeru. Foto:Istimewa

SURABAYA, iNewsPasuruan.id - Pendaki gunung di Indonesia pasti pernah mendengar nama Ranu Kumbolo. Danau yang mesti dilewati saat menuju puncak Semeru ini menyuguhkan pesona luar biasa. Keindahan danau di kaki puncak Mahameru itu kerap disebut surganya para pendaki Gunung Semeru

Ranu Kumbolo masuk di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Ranu Kumbolo Semeru berada di ketinggian 2.400 Mdpl.  Keindahan tersebut dapat dilihat dari kontur telaga yang memiliki luas sekitar 14 hektare di lereng Semeru. Keindahan yang dapat disaksikan yakni matahari terbit, hamparan bintang di langit saat malam hari serta pesona dua bukit yang memagarinya. 

Di balik keindahanannya, Ranu Kumbolo Semeru juga menyimpan cerita rakyat, berkenaan dengan asal usulnya. Konon pada zaman dahulu hidup sepasang suamu istri miskin.  Saat itu sang istri sedang mengandung seorang anak dan menginginkan untuk makan ikan. Namun, karna dia tak memiliki uang, akhirnya sang suami mencari ikan di sungai. Setelah menunggu lama akhirnya mendapatkan seekor ikan mas yang cukup besar. 

Ajaibnya, ikan tersebut dapat berbicara dan sisiknya dapat berubah menjadi Emas. Ikan mas tersebut berkata ingin dirawat dan dirahasiakan keberadaannya sekalipun dari sang Istri.  Akhirnya ikan mas tersebut dibawa pulang dan dimasukkan ke dalam gentong air. Tanpa sepengetahuan suaminya, sang istri membuka gentong air tersebut dan menemukan ikan mas besar tersebut. Karena merasa lapar, sang istri pun memasak ikan mas tersebut dan memakannya. 

Setelah kejadian tersebut, malam harinya dang suami mendapatkan mimpi bertemu dengan ikan mas. Ikan mas berkata bahwa kelak anaknya akan lahir dan dia akan memiliki sisik di sekujur tubuhnya.  Beberapa bulan kemudian sang istri pun melahirkan seorang bayi laki-laki. Sebagaimana mimpinya, bayi laki-laki tersebut memiliki sisik seperti ikan, sehingga diberi nama Kumbolo.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut