get app
inews
Aa Read Next : Kawanan Gengster Ngamuk Bawa Pedang dan Celurit di Bangil, Dikepung Warga Babak Belur Dihajar

Peramal Gempa Turki: Pekan Pertama Maret, Dunia Diguncang Gempa Besar 8 SR hingga Indonesia

Kamis, 02 Maret 2023 | 06:07 WIB
header img
Seismolog Belanda Frank Hoogerbeets kembali membuat prediksi mengerikan tentang gempa besar dalam bulan Maret ini. Foto/zeenews.india.com

AMSTERDAM, iNewsPasuruan.id - Seismolog Belanda Frank Hoogerbeets menerbitkan ramalan akan terjadi gempa besar pada awal Maret 2023. Pria yang pernah meramalkan gempa besar di Turki ini mengunggah ramalannya lewat video di Youtube. Hoogerbeets membuat ramalannya berdasarkan gerakan benda langit.

"Pekan pertama bulan Maret akan menjadi sangat kritis. Konvergensi geometri planet kritis sekitar 2 dan 5 Maret dapat mengakibatkan aktivitas seismik besar hingga sangat besar, bahkan mungkin gempa dorong besar sekitar 3 dan 4 Maret dan/atau 6 dan 7 Maret,” ungkap deskripsi klip di YouTube pada Senin, 28 Februari 2023.  

Dalam video itu, seismolog itu mengklaim kekuatan gempa yang diduga akan terjadi "mungkin lebih dari 8 skala richter (SR)". “Daerah yang terkena dampak dapat membentang ribuan kilometer, dari Semenanjung Kamchatka dan Kepulauan Kuril di Timur Jauh Rusia, hingga ke Filipina dan Indonesia,” ungkap Hoogerbeets.

“Saya tidak melebih-lebihkan. Saya tidak mencoba menciptakan rasa takut. Ini peringatan,” tegas ilmuwan yang bekerja di Solar System Geometry Survey (SSGEOS). Kepala Cabang Kamchatka dari Survei Geofisika Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Danila Chebrov, mempertanyakan prediksi Hoogerbeets dan menggambarkannya sebagai "amatir".

 

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut