get app
inews
Aa Read Next : Kawanan Gengster Ngamuk Bawa Pedang dan Celurit di Bangil, Dikepung Warga Babak Belur Dihajar

Penampakan Perhiasan Berusia 800 Tahun, Ditemukan Peserta Pelatihan Sensor Logam

Selasa, 07 Maret 2023 | 16:36 WIB
header img
Emas berusia 800 tahun ditemukan di Jerman. (Foto:celebrities.id/Livescience)

JAKARTA,INewsPasuruan.id - Penampakan perhiasan emas dan koin perak berusia 800 tahun menggemparkan Jerman Utara. Perhiasan ini ditemukan oleh seorang peserta pelatihan sensor logam di Jerman Utara. Penemuan ini menjadi pertanda bahwa pernah terjadi hubungan dagang di daerah tersebut pada zaman dahulu. Direktur Departemen Arkeologi Negara Bagian Schleswig-Holstein Ulf Ickerodt mengatakan timbunan yang berisi artefak itu berisi dua anting emas berkualitas sangat tinggi dengan batu semi mulia. Selain itu ada dua cincin jari batu berlapis emas, bros, piringan kecil berlubang yang sebelumnya berlapis emas, dan sekitar 30 koin perak.

Dilansir dari Live Science, Jumat (3/3/2023), selama puluhan tahun para arkeolog bekerja sama menyelidiki kawasan Schles-Holstein, khususnya situs warisan UNESCO Haithabu. Dikenal sebagai Hedeby dalam bahasa Denmark, situs ini adalah kota Norse terbesar kedua dan penting bagi Viking pada abad ke-8 hingga ke-11. Haithabu dihancurkan dan ditinggalkan sekitar tahun 1066, mengakhiri periode Viking di daerah tersebut.

Beberapa abad kemudian, seseorang dengan sengaja mengubur sekantong barang berharga di dekatnya. Inilah yang kemudian ditemukan oleh peserta pendeteksian. Para peserta menemukan timbunan tersebut saat berjalan di sebidang tanah tempat mereka melakukan pelatihan. Kemudian mereka melaporkan temuan mereka ke ALSH. Sebuah tim arkeolog kemudian menggali situs tersebut untuk mengungkapkan barang apa yang terkandung di dalamnya, termasuk barang perak dan emas dengan potongan tekstil yang diawetkan.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut