get app
inews
Aa Read Next : Profil Mahfud MD, Tokoh Madura yang Dideklarasikan sebagai Pendamping Capres Ganjar Pranowo

Mega Tunjuk Ganjar Capres PDIP di Hari Jumat Pahing, Ini Makna dan Perhitungannya

Sabtu, 22 April 2023 | 02:25 WIB
header img
Calon presiden (Capres) PDIP, Ganjar Pranowo saat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Twitter/@ganjarpranowo

MALANG, iNewsPasuruan.id -  Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) yang diusung PDIP di Pilpres 2024. Pengumuman siapa yang akan bertanding pada pemilihan presiden 2024 tersebut disampaikan di hari terakhir puasa Ramadhan, Jumat (21/4/2023).

Nama Ganjar Pranowo diumumkan bertepatan hari Jumat Pahing dalam kalender Jawa. Hari Jumat memiliki neptu enam, dan pasaran Pahing memiliki neptu sembilan. Total jumlahnya 15.Jumlah ini termasuk neptu besar. "Pemilihan hari Jumat Pahing ini, tentunya sudah diperhitungkan secara matang, meskipun tidak terungkap ke publik alasan pemilihannya," ujar dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Taufan Hendro Baskoro, Jumat (21/4/2023).

Taufan menjelaskan, Jumat Pahing berada di Wuku Wugu. Di mana dalam Wuku Wugu, hari baiknya ada di hari Jumat dan Sabtu. "Tetapi kalau hari Sabtu di Wuku Wugu ini, disebut masih ada ringkel. Yakni hitungan tidak baiknya. Sehingga yang paling baik tinggal di hari Jumat," ungkap pria yang kini tengah menempuh pendidikan doktoral di State University of New York di Binghamton (SUNY Binghamton) atau Binghamton University tersebut.

Menurut perhitungan Pasundari, jumat pahing memiliki makna yang sangat baik, yakni sedulur atau saudara, karena hari Jumat di Wuku Wugu ini menempati rumahnya di hari Selasa.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut