get app
inews
Aa Read Next : Ahli Antariksa Amerika Serikat Sebut 119 UFO Telah Mendarat di Bumi

Tragedi 9/11: Kronologi Serangan Teroris Terbesar yang Mengguncang Amerika Serikat

Senin, 11 September 2023 | 14:43 WIB
header img
Foto: Reuters/Okezone.com.

WASHINGTON DC, iNewsPasuruan.id – Sejarah hari ini mencatat serangan teroris terbesar yang meluluhlantakkan Amerika Serikat. Tragedi 9/11 merupakan serangan teroris terbesar dan paling mematikan dalam sejarah Negeri Paman Sam. Serangan yang terjadi pada 11 September 2001 itu menewaskan 2.977 orang dan memicu perang melawan teror yang dampaknya masih dirasakan di sejumlah negara hingga saat ini.

Serangan ini terjadi ketika empat pesawat dibajak oleh teroris Al Qaeda dan digunakan untuk menyerang target-target penting di Amerika Serikat. Berikut adalah alur kejadian serangan 9/11 yang terjadi 22 tahun yang lalu:

  • Pada 11 September 2001, pukul 5:45 waktu setempat, dua pembajak berhasil melewati pemeriksaan keamanan di Bandara Internasional Portland di Maine. Mereka kemudian menaiki penerbangan komuter ke Bandara Internasional Logan Boston dan akhirnya menaiki American Airlines 11.

  • Pada pukul 7:59, American Airlines 11 lepas landas dari Boston menuju Los Angeles, dengan 76 penumpang, 11 awak pesawat, dan 5 pembajak di dalamnya.

  • Pada pukul 8:15, United Airlines 175 juga lepas landas dari Boston menuju Los Angeles, dengan 51 penumpang, 9 awak pesawat, dan 5 pembajak di dalamnya.

  • Pada pukul 8:46, American Airlines 11 menabrak Menara Utara World Trade Center (WTC), menewaskan semua penumpang dan menyebabkan kehancuran di WTC.

  • Pada pukul 9:03, United Airlines 175 menabrak Menara Selatan WTC, menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut dan menewaskan banyak orang.

  • Pada pukul 9:37, American Airlines 77 menabrak Pentagon, menewaskan seluruh penumpang di dalam pesawat dan sejumlah besar orang yang berada di gedung tersebut.

    Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut