get app
inews
Aa Read Next : TB Hasanuddin: KSAL Yudo Margono Ditunjuk Jadi Calon Panglima TNI

Profil Jenderal TNI Agus Subiyanto: Panglima TNI yang Pernah Melamar Satpam

Selasa, 21 November 2023 | 15:19 WIB
header img
Profil Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang segera dilantik menjadi Panglima TNI. Foto:antara/iNews.id

Peran ini melibatkan manajemen dan komando unit militer yang lebih besar. Hingga akhirnya Agus Subiyanto menjadi perwira tinggi dengan pangkat bintang satu sebagai Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako tahun 2017-2018. Sebagai Danrem, dia memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan keamanan dan stabilitas di daerah tersebut.

Pada tahun 2019 dan 2020, Agus Subiyanto memegang jabatan Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri di bawah Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Wadanpussenif Kodiklatad). Posisi yang melibatkan pengembangan doktrin dan pendidikan militer dalam bidang infanteri. Pada tahun 2020, Agus Subiyanto diangkat sebagai Danrem 061/Suryakancana.

Namun, kariernya mencapai puncak ketika dia diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Dia memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi dan menjaga keamanan Presiden Republik Indonesia. Lalu tahun 2021-2022, Agus Subiyanto memegang jabatan sebagai Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, yang merupakan komando teritorial dan sangat penting dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan di wilayah tersebut.

Tidak lama dia menjabat Wakil KSAD. Hingga akhirnya, pada 25 Oktober 2023, Jenderal TNI Agus Subiyanto pun resmi bertugas sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Ini langkah besar dalam kariernya hingga ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut