get app
inews
Aa Read Next : Bupati Pasuruan Resmikan Langsung Graha Sayyid Sulaiman RSUD Grati

Dituding Malapraktik Bayi hingga Tewas, Ini Penjelasan RSUD Grati

Rabu, 24 April 2024 | 09:53 WIB
header img
RSUD Grati menjelaskan kronologis dugaan malapraktik yang menyebabkan balita tewas, Rabu (24/4/2024). Foto:Ninon Raka

Tentang pemasangan selang makan pada pasien, Ferdi menegaskan bahwa hal tersebut dilakukan sesuai dengan aturan dan bukan sembarangan. Pemasangan selang makan dilakukan karena beberapa jam kemudian kondisi pasien menurun dan tidak mendapatkan asupan cairan dan nutrisi yang cukup melalui mulut.

"Pemasangan selang makan dilakukan untuk mencegah masuknya cairan ke saluran pernapasan, terutama karena pasien tidak sadar pada saat itu. Ini adalah prosedur yang umum dilakukan untuk pasien dalam kondisi seperti itu," jelas Ferdi.

Kemudian dokter memutuskan untuk memindahkan pasien ke ruang ICU. Namun, saat proses pemindahan, pasien mengalami syok sebanyak dua kali. Pasien akhirnya dapat dipindahkan ke ruang ICU sekitar pukul 01.00 WIB.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, pasien didiagnosis mengalami syok demam berdarah dan infeksi saluran pernapasan," jelas dr. Ferdi.

Kepala Bidang (Kabid) Medis RSUD Grati, dr. Aris, menjelaskan bahwa rumah sakit RSUD memiliki tipe C, yang berarti ada kewenangan yang terbatas, mulai dari SDM hingga infrastruktur. Oleh karena itu, pasien dirujuk ke rumah sakit tipe B atau A.

"Jadi, kami di RSUD Grati telah melakukan tindakan sesuai dengan SOP," terangnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut