get app
inews
Aa Read Next : Pasangan MUDAH Siapkan Solusi Jangka Panjang untuk Krisis Air Bersih di Pasuruan

Gus Irsyad Undur Diri, Gus Mujib Dapat Rekomendasi Maju di Pilkada Pasuruan

Senin, 20 Mei 2024 | 01:02 WIB
header img
Gus Irsyad memeluk Gus Mujib saat pamitan mundur sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan. Foto:Ninon Raka

PASURUAN, iNewsPasuruan.id -- Mantan Bupati Pasuruan dua periode, Irsyad Yusuf, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pasuruan pada Jumat (17/5/2024) . Keputusan ini diambil sebagai bentuk tanggung jawab atas tidak tercapainya target perolehan kursi DPRD pada Pemilu Serentak 2024.

Pada Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada Februari lalu, perolehan kursi DPRD untuk PKB di Kabupaten Pasuruan belum mencapai target yang diharapkan. Dari target awal sebanyak 18 kursi, PKB hanya berhasil memperoleh 14 kursi.

Dalam pengumuman pengunduran dirinya, Irsyad Yusuf menyampaikan kepada jajaran pengurus DPC serta Pimpinan Anak Cabang (PAC) PKB Kabupaten Pasuruan bahwa pengunduran diri ini merupakan bentuk tanggung jawabnya sebagai ketua yang belum berhasil memaksimalkan perolehan suara pada pemilu yang lalu.

Irsyad juga menjelaskan bahwa pengunduran dirinya bukan tanpa alasan yang jelas. Sebelum pemilu 2024 digelar, ia sudah menandatangani komitmen di hadapan pengurus DPP PKB bahwa jika perolehan suara pada pemilu 2024 tidak mencapai target, ia akan mengundurkan diri sebagai ketua.

"Saya memohon maaf kepada para kiai dan semua pengurus PKB Kabupaten Pasuruan. Saya menyatakan mengundurkan diri sebagai ketua, ini adalah komitmen saya dengan DPP PKB jika tidak mencapai target perolehan kursi, maka saya akan mundur sebagai ketua DPC," terang Irsyad Yusuf pada Jumat (17/5/2024).

Pernyataan mundur sebagai ketua DPC PKB ini mengagetkan semua pengurus dan undangan, mengingat selama ini di jajaran pengurus tidak pernah terdengar tentang komitmen antara ketua dengan DPP PKB. "Saat menandatangani komitmen di DPP PKB, saya didampingi sekretaris yang menjadi saksi saat itu," lanjut Irsyad.

Pernyataan mundurnya Irsyad Yusuf bersamaan dengan pengumuman surat rekomendasi calon Bupati dari PKB. Irsyad menambahkan bahwa meskipun telah mengundurkan diri sebagai ketua, ia tetap akan berjuang bersama PKB dalam memenangkan calon Bupati Pasuruan yang diusung oleh partai dalam Pilkada 2024 mendatang.

"Kita tetap berjuang dan harus bisa memenangkan Gus Mujib dalam pilkada. Saya tetap kader PKB Kabupaten Pasuruan," lanjutnya.

Irsyad Yusuf merupakan calon anggota legislatif (Caleg) terpilih DPR RI dari PKB yang berangkat dari daerah pemilihan (Dapil) II Jawa Timur. Setelah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Irsyad berharap agar PKB tetap solid dan tetap menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Pasuruan.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut