get app
inews
Aa Read Next : Tersangka Penyerangan Sopir Truk di Pasuruan Ternyata Residivis

Bertemu Petani Bunga Sedap Malam di Pasuruan, Khofifah Dapat Keluhan Soal Pupuk

Minggu, 29 September 2024 | 21:19 WIB
header img
Calon Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi petani bunga sedap malam di Pasuruan. Foto: Ninon Raka

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa, bertemu dengan petani bunga sedap malam di Kecamatan Rembang pada Minggu sore (29/9/2024). Dalam kunjungan ini, Khofifah mendengarkan keluhan para petani terkait tingginya biaya pupuk non-subsidi yang membebani operasional mereka.

“Pupuk untuk bunga sedap malam ini termasuk dalam kategori non-subsidi. Kata para petani, separuh dari biaya operasional mereka dihabiskan untuk membeli pupuk,” ungkap Khofifah.

Khofifah menekankan perlunya pembahasan masalah ini di tingkat kabupaten agar pupuk bunga sedap malam bisa masuk dalam electronic Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) dan diajukan ke kementerian terkait. Karena urusan pupuk subsidi tidak melalui pemerintah provinsi, melainkan dari kabupaten langsung ke kementerian.

“Ini harus dibahas kembali di tingkat kabupaten, pada sektor kategori skala apa non-subsidi dan pada sektor kategori skala seperti apa subsidi," ujar Khofifah.

Ia juga menambahkan bahwa jika para petani bunga sedap malam mendapatkan dukungan dari pupuk subsidi dengan skala tertentu, biaya produksi dapat berkurang dan pendapatan mereka meningkat.

“Jika mereka mendapatkan pupuk subsidi, yang saat ini per hektar mendapatkan bersih Rp 7 juta per bulan menjadi Rp 10 juta per bulan,” tutup Khofifah.

 

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut