get app
inews
Aa Read Next : Diduga Akibat Konsleting Listrik, Mobil Pikap Terbakar di Tol Gempol-Pasuruan

Rusdi Sutejo Salurkan Air Bersih di Lumbang, Janji Atasi Kekeringan

Kamis, 10 Oktober 2024 | 17:21 WIB
header img
Rusdi Sutejo menyalurkan 5.000 liter air bersih kepada warga Desa Karangjati, Lumbang. Foto: IST

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Calon Bupati Pasuruan, Rusdi Sutejo, menunjukkan komitmennya dalam mengatasi krisis kekeringan dengan turun langsung ke Dusun Jatisari, Desa Karangjati, Kecamatan Lumbang, Kamis (10/10/2024). Dalam kunjungannya, Rusdi menyalurkan bantuan satu tangki air bersih berkapasitas 5.000 liter kepada warga yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau melanda.

“Kami paham betapa sulitnya warga Jatirejo ketika musim kemarau tiba, setiap hari harus berjuang mencari air bersih. Kedepannya, program unggulan kami adalah mencari sumber air baru dan memberikan solusi terbaik agar masalah ini segera teratasi,” kata Rusdi Sutejo saat berbincang dengan warga.

Tak hanya memberi bantuan, Rusdi juga menegaskan bahwa penyediaan air bersih akan menjadi prioritas utamanya jika dirinya dan Shobih Asrori terpilih memimpin Kabupaten Pasuruan. Ia berjanji tidak akan membangun infrastruktur pemerintahan sebelum kebutuhan dasar seperti air bersih diatasi secara menyeluruh.

“Kami ingin agar masyarakat Pasuruan tidak lagi hidup dengan kesulitan mencari air. Ini adalah komitmen kami, air bersih akan menjadi prioritas utama,” tegasnya.

Dalam jangka panjang, Rusdi juga berencana menggandeng Universitas Pertahanan di bawah Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Kolaborasi ini akan bertujuan menemukan sumber mata air baru di wilayah-wilayah yang sering mengalami kekeringan, memastikan pasokan air bersih bagi warga.

“Kami akan bekerja sama dengan Universitas Pertahanan untuk melakukan riset dan mencari sumber mata air baru, sehingga masyarakat tidak lagi khawatir kekurangan air,” jelas Rusdi.

Tak hanya itu, Rusdi berkomitmen memberikan beasiswa bagi putra-putri terbaik Kabupaten Pasuruan untuk belajar di Fakultas Sains dan Teknologi, khususnya jurusan teknik hidrologi. Program ini bertujuan mencetak ahli yang dapat berkontribusi dalam menyelesaikan masalah kekeringan di masa depan.

“Kami akan berikan beasiswa agar generasi muda Pasuruan dapat menguasai teknik hidrologi dan membantu daerah mereka sendiri mengatasi masalah kekurangan air. Ini adalah investasi jangka panjang kami,” pungkas Rusdi.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut