get app
inews
Aa Read Next : Rusdi Sutejo Salurkan Air Bersih di Lumbang, Janji Atasi Kekeringan

Gufron Ahmad Yani Pimpin Pemuda Tani Indonesia Jawa Timur

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 14:13 WIB
header img
Gufron Ahmad Yani resmi menjabat sebagai Ketua Pemuda Tani Indonesia Jawa Timur. Foto: IST

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Dalam upaya meneruskan perjuangan petani di Indonesia, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Timur melakukan pergantian kepemimpinan Pemuda Tani Indonesia. Pelantikan ketua baru tersebut dilaksanakan di Pasuruan, Jumat (11/10/2024). Gufron Ahmad Yani terpilih sebagai Ketua DPD Petani Jawa Timur dan menyatakan siap membawa perekonomian petani di wilayah ini semakin meningkat.

Gufron menyoroti pandangan negatif masyarakat terhadap petani yang selama ini dianggap sebelah mata dan kurang makmur. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya sektor pertanian. 

"Sebagai pemuda dan menjadi masa depan bangsa, sektor pertanian itu tak kalah penting dengan sektor pertahanan. Karena meskipun kita mempunyai alutsista banyak dan canggih, tapi kalau tentaranya lapar, tetap aja gak jalan," ungkap Gufron.

Ia juga mengajak pemuda untuk tidak takut menjadi petani, mengingat stigma yang melekat bahwa profesi ini kumal dan kotor. Menurutnya, keberadaan petani yang berkualitas adalah kunci untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Gufron juga menjelaskan bahwa selama ini keluarga usaha tani sudah kehilangan sekitar satu juta keluarga. Berkurangnya jumlah ini disebabkan banyaknya pemuda yang enggan meneruskan usaha pertanian keluarga. 

"Sekarang hanya sekitar 10 persen pemuda tani ini yang usianya masih di bawah 40 tahun. Dan kami berharap pemuda tani bisa bergerak dan berjejak sebagai prasasti dan prestasi," imbuhnya.

Gufron menegaskan bahwa semangat inovasi dan kemajuan teknologi harus terus ditanamkan di kalangan petani muda untuk menghadapi tantangan di sektor pertanian. 

"Kami yakin, dengan teknologi yang adaptif dan dukungan penuh dari para pemuda tani, sektor pertanian di Jawa Timur bisa semakin maju dan berdaya saing," pungkasnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut