get app
inews
Aa Read Next : Rusia Bagi-bagi Bonus di Perang Ukraina, Siapa yang Bisa Hancurkan Tank M1 Abrams Dapat Rp106 Juta

Tentara Ukraina Raup Cuan Lewat Pesan yang Ditulis di Peluru Artileri

Jum'at, 17 Juni 2022 | 10:19 WIB
header img
Tentara Ukraina meraup cuan lewat menuliskan pesan di atas peluru artileri yang akan ditembakkan ke tentara Rusia. Foto/Insider

Iklannya, di platform media sosial seperti Reddit, telah menghasilkan pesan seperti "Selamat Hari Ayah" dan "Dari Albania, dengan cinta" ditulis di peluru artileri sebelum digunakan. "Anda memiliki kesempatan untuk membunuh Orc dengan teks Anda pada granat artileri 82mm yang akan ditembakkan ke tentara Rusia," bunyi salah satu iklan yang di posting Sokolenko.

"Anda akan menerima foto granat yang ditulis pesan Anda," bunyi lanjutan dari iklan tersebut. Untuk diketahui, Orc adalah penghinaan yang umum digunakan warga Ukraina untuk tentara Rusia. Sokolenko mengatakan kepada Insider bahwa ini adalah urusan informal dan tidak didukung oleh komandan militer senior Ukraina.

Gambar-gambar itu, katanya, tidak mungkin memberikan identitas dan lokasi tentara Ukraina. Sokolenko mengatakan dia menerima pesanan secara online, terutama melalui saluran Telegram-nya, dan bekerja dengan LSM lokal untuk mendapatkan peluru artileri yang tertulis. Kemudian dia mengirimkan foto-foto itu kembali dan memberikan USD40 kepada LSM tersebut. 

"Pusat Bantuan untuk Angkatan Darat, Veteran dan Keluarga Mereka," secara independen mengkonfirmasi kepada Insider bahwa Sokolenko adalah sukarelawan terdaftar yang telah mengirimkan lebih dari USD18.000 atau sekitar Rp266,5 juta. Ini menyediakan peralatan taktis dan barang-barang ke batalyon terdekat.

Sokolenko mengatakan uang yang terkumpul sejauh ini telah digunakan untuk membeli dua sistem Starlink, sebuah truk pikap, dan teropong panas tubuh. LSM itu juga menyediakan radio, obat-obatan, makanan, dan kantong tidur.

"Saya tidak begitu berani untuk berpartisipasi dalam perang, jadi saya mencoba melakukan yang terbaik untuk membantu tentara agar tetap hidup dan membunuh musuh," katanya. "Pada awal perang saya tidak melakukan apa-apa dan itu terus mengganggu saya," aku Sokolenko seperti dikutip dari Insider, Jumat (17/6/2022).

Dia membuat bom molotov, seperti yang dilakukan banyak orang Ukraina di awal perang, tetapi dengan cepat memutuskan bahwa dia bisa lebih berguna di tempat lain. Dia memutuskan untuk mengabdikan dirinya untuk penggalangan dana sebagai gantinya, memulai saluran Telegram yang membagikan ulang video militer yang viral, dan dalam prosesnya mendapatkan sekitar 12.000 pengikut.

Setelah mendapatkan 1.600 pengikut pertamanya, dia mendekati LSM tersebut dan menanyakan apa yang perlu mereka beli. Dia pikir dia bisa meminta sumbangan dan menjual barang-barang seperti tambalan militer dan amplop dengan perangko terkenal "kapal perang Rusia, pergilah sendiri".

Sumbangan keduanya adalah USD500 (Rp7,4 juta), dari seorang wanita Amerika, katanya. "Itu menjelaskan bahwa saya berada di jalur yang benar," ucap Sokolenko. Kemudian, pada bulan Mei, dia mendapat ide untuk proyek pesan-di-granat, ketika dia melihat bahwa tentara Ukraina menuliskan peluru-peluru artileri itu dengan pesan untuk membalaskan dendam rekan-rekan mereka yang gugur.

Ini telah populer di kalangan redditor, yang telah menuliskan peluru artileri dengan meme favorit mereka — termasuk yang menampilkan emotikon imut "uwu" yang disukai oleh penggemar anime. Pesanan lain berdatangan dari seluruh dunia, mengirimkan "cinta" dari negara-negara seperti Belgia, Jerman, Albania, dan Australia.

Yang lain telah menggunakannya sebagai cara yang tidak biasa untuk mengatakan "selamat ulang tahun" kepada teman dan orang yang mereka cintai. "Mendekati Hari Ayah membawa sekitar 30 pesanan," ungkap Sokolenko. Ditanya tentang etika proyek ketegangan — yang mungkin terlihat meremehkan korban perang — Sokolenko berkata: “Ini pertanyaan yang sedikit provokatif, tetapi sebagai orang Ukraina — seperti halnya setiap orang Ukraina — saya dapat mengatakan bahwa saya senang mengetahui bahwa sebanyak mungkin tentara Rusia terbunuh,” pungkasnya. iNewsPasuruan
 

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut