get app
inews
Aa Read Next : Massa AMP2 Tuntut Pj Bupati Pasuruan Andriyanto Mundur

RSUD Bangil Luncurkan Jelita Siaga, Layanan untuk Menekan Angka Kematian Ibu Hamil

Senin, 10 Oktober 2022 | 16:05 WIB
header img
Perbup Layanan Jelita menyebutkan kalau tidak ada BPJS masih bisa memeriksa dengan biaya yang ditanggung Pemerintah melalui BLUD. Foto:IST

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan berinovasi guna menekan angka kematian ibu melahirkan. Mereka menjalankan program jemput, layani, tangani siap antar pulang bertemu keluarga, atau disebut dengan layanan Jelita Siaga.

Layanan ini diperuntukkan untuk ibu hamil yang dalam kondisi gawat darurat alias membutuhkan penanganan ekstra cepat sebelum dirujuk ke rumah sakit. Direktur RSUD Bangil, dr Arma Roosalina mengatakan, layanan Jelita Siaga merupakan program layanan bagi ibu hamil yang ingin mendapat pelayanan secara prima.

Dalam praktiknya, jika ada ibu melahirkan dalam kondisi emergency di tempat praktek bidan swasta, puskesmas atau rumah sakit type D dan membutuhkan rujukan ke RSUD Bangil, maka pasien atau keluarganya bisa menekan panic button di nomor hotline 082230566847 atau 08125251139 ataupun nomor customer service di nomor 0343 6435999 - 0343 6435990.

Tak butuh waktu lama, petugas RSUD Bangil akan jemput bola dengan menggunakan kendaraan BEST (Bangil Emergency Service Team). Di dalam kendaraan tersebut sudah dilengkapi dengan alat kedokteran canggih seperti ventilator mobile dll hingga obat-obatan dan cairan yang diperlukan bagi pasien.

"Begitu ada yang membutuhkan bantuan, kami akan datang dengan dokter, bidan sampai peralatan lengkap di dalam ambulans. Kita pastikan ibu yang mengalami kasus emergency sudah ditangani di tempat sampai dikatakan aman menuju rumah sakit," kata Arma dikutip dari website resmi Pemkab Pasuruan, Senin (10/10/2022) siang.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut