get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPD PDIP Jatim Bertemu dengan Khofifah, Bahas Pencalonan Gubernur Jatim?

Tukang Becak Ini Ternyata Peraih Medali Emas SEA Games, Nasibnya Berubah setelah Bertemu Khofifah

Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:55 WIB
header img
Suharto, tukang becak peraih medali emas SEA Games 1979 diangkat menjadi pegawai Bapenda Gresik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNewsPasuruan.id - Mantan atlet balap sepeda, Suharto  yang berhasil meraih medali emas pada SEA Games 1979 diangkat menjadi pegawai di UPT Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gresik oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Sebelum diangkat menjadi pegawai pemerintahan, Suharto berprofesi tukang becak merangkap pemulung. Khofifah menuturkan awal mula bertemu Suharto di Gresik dua hari sebelum Idulfitri 1443 H pada Mei 2022 lalu. 

"Saya berbagi makanan berbuka sembari bagi sembako untuk penarik becak. Saat itu di antara penarik becak ada yang angkat tangan bersuara lantang bahwa beliau pernah meraih medali emas pada SEA Games juga medali perak open turnamen sepeda balap di Thailand dan China.  Namanya Suharto. Saat itu beliau penarik becak merangkap pemulung,” kata Khofifah, Selasa (18/10/2022).

Saat itu, Suharto mengaku tidak memiliki ponsel ketika dimintai nomor handphone supaya bisa berkoordinasi untuk tindak lanjut pemberian intervensi. Akhirnya, Khofifah meminta alamat Suharto tinggal keesokan harinya untuk mengirimkan ponsel. Orang nomor satu di Jatim ini pun tak lantas diam. Dia segera meminta Kepala Bapenda Jatim untuk menindaklanjuti keadaan Suharto. Tak hanya diberikan ponsel genggam saja, namun Khofifah juga memberikan Suharto pekerjaan tetap yang lebih layak. "Keesokan harinya beliau ditemui Kepala Bapenda dan diajak menjadi karyawan Bapenda di UPT Gresik. Alhamdulillah sampai saat ini beliau sehat," ucapnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut