get app
inews
Aa Read Next : Gaduh Pencoretan Logo Kopi Kapiten, Pj Bupati Pasuruan-Gus Irsyad Bertemu 1 Jam Disaksikan 8 Kiai

Gus Irsyad Ajak Stakeholders Percepat Turunkan Angka Stunting

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:51 WIB
header img
Bupati Pasuruan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mempercepat penurunan angka stunting. Foto IST

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Sinergi Pemkab Pasuruan bersama seluruh lapisan masyarakat dibutuhkan untuk mempercepat penurunan stunting yang saat ini terus menjadi fokus perhatian. “Saya tidak bisa mencapai tujuan dari pembangunan tanpa dukungan dari semua pihak. Khususnya bagi Kades, Bu Kades, Tim Penggerak PKK, Pak Camat dan Bu Camat, saya juga mohon dukungannya untuk program percepatan penanganan stunting. Harus kita lakukan secara gotong-royong dan bersama-sama mensosialisasikan ke masyarakat. Pemda sudah menyiapkan beberapa rencana program kegiatan,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf pada Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIX di Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jumat (21/10/2022).

Banyak cara yang dilakukan Pemkab Pasuruan dalam upaya percepatan penanganan stunting. Di antaranya melalui kegiatan Mini Lokakarya (Minilok) dan Audit Stunting yang dilakukan secara berkelanjutan dan terukur. Berikut menjalin kerjasama dengan perusahaan.

Hal itu melengkapi inovasi gerakan KASIH BERSANDING MESRA yang merupakan akronim dari “Keluarga Bersih Bersama Sadar Stunting Menuju Masyarakat Sejahtera”. Ada empat intervensi program yang terdiri dari Posyandu Tematik Stunting (POSTING), Voucher Belanja Nutrisi (RELASI) dan Penyediaan Sanitasi (KASIH AGAWE) dan Komunikasi Informasi dan Edukasi Bersama Sadar Stunting.

Bupati menitipkan pesannya kepada seluruh Kepala Desa dan Camat yang hadir perihal pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) tahun 2022 oleh Badan Pusat Statistik Pasuruan. Tujuannya tidak lain untuk melakukan pendataan dan pemetaan kondisi ekonomi masyarakat Kabupaten Pasuruan.

“Saat ini BPS sedang melakukan Regsosek 2022. Sedang melakukan sensus, mendata masyarakat kita, terutama yang berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat. Pak Kades, Bu Kades, mohon masyarakatnya diberi tahu melalui pak RT/RW. Bahwa itu bukan data untuk calon penerima BLT/ bansos. Tapi itu sensus untuk memastikan data masyarakat kita yang berhak menerima bansos,” tandas Bupati dikutip dari website resmi Jumat (21/10/2022).

Ditambahkan Bupati, Pemerintah membutuhkan data yang sangat valid. Sehingga dapat memberikan dukungan kepada masyarakat pra sejahtera yang berhak menerima bantuan sosial. Maka dari itu, baik Camat, Kepala Desa dan jajarannya diharapkan kekompakannya dalam memberikan pemahaman melalui sosialisasi di wilayah masing-masing.

Metode pendataan REGSOSEK dilakukan dengan mengumpulkan data seluruh penduduk. Meliputi profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan. Pendataan lapangan dilangsungkan 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022 mendatang. Kegiatan pendataan awal akan dilakukan oleh petugas yang sudah terseleksi dan terlatih.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut