get app
inews
Aa Read Next : Korban Tewas Ziarah Wali Lima asal Pandaan Dimakamkan Satu Liang Lahat

Korban Tewas Ledakan Malang Diduga Peracik Petasan dan Kembang Api

Minggu, 12 Maret 2023 | 15:52 WIB
header img
Polisi mengumpulkan barang bukti di area ledakan yang mengakibatkan satu orang tewas di Kasembon, Kabupaten Malang, Minggu (12/3/2023). Foto: Avirista Midaada

MALANG, iNewsPasuruan.id Korban tewas ledakan Malang yang menghancurkan 3 rumah di Kasembon, ternyata adalah peracik petasan. Korban tewas atas nama Ahmad Hasan Rifai diduga meracik bahan petasan. 

 

Hal ini berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) gabungan yang dilakukan polis bersama tim Penjinak Bom (Jibom), Puslabfor Polda Jawa Timur, dan Satreskrim Polres Batu.

Tim gabungan dari polisi selesai melakukan olah TKP pada Minggu siang (12/3/2023) sekitar pukul 12.40 WIB. 

Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin menjelaskan, dari hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi di lokasi ledakan, ledakan diduga kuat terjadi karena bahan petasan yang disimpan Ahmad Hasan Rifai di rumahnya di Dusun Pulosari RT 7 RW 11, Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

"Korban ini membuat petasan. Kita mengarah ke sana untuk dugaan sementara," ucap Oskar Syamsuddin, ditemui di lokasi kejadian usai olah TKP pada Minggu (12/3/2023) siang.

Polisi menyebut korban meninggal, diduga kuat merupakan pembuat petasan. Hal ini didapati dari sejumlah keterangan saksi dari tetangga utara rumah Hasan dan beberapa saksi lain dari pihak keluarga korban.

"Ada tujuh saksi yang diperiksa awal. Beberapa saksi yang sudah mintai keterangan, beberapa kali setiap tahun korban membuat petasan," ujarnya.

Petasan yang dibuat Hasan hanya dperjualbelikan saat Ramadhan. Hal ini juga diperkuat adanya sejumlah bukti lain dari catatan-catatan pembuatan petasan dan bukti pengiriman barang yang diduga bahan pembuat petasan jenis kembang api.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut