get app
inews
Aa Read Next : Teladan Keluarga Rasulullah SAW Merayakan Idul Fitri, Kesederhanaan Membuat Sahabat Menangis Terharu

Takbir Sudah Berkumandang, Tarekat Naqsabandiyah Idul Fitri Hari Ini

Kamis, 20 April 2023 | 04:10 WIB
header img
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Padang merayakan Idul Fitri, Kamis (20/3/2023)(Foto: MPI/Rus Akbar)

PADANG, iNewsPasuruan.id - Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah, Kamis (20/4/2023). Suara takbir sudah bergema sejak Rabu (19/4/2023) malam di Surau Baru, pusat Tarekat Naqsabandiyah di Padang. 

Mereka mengumandangkan takbir setelah salat isya berjamaah diadakan dalam masjid dengan Imam Zahar. Gema suara takbir tidak menggunakan alat pengeras suara. “Alhamdulillah, bisuak awak rayo lai (besok kita merayakan Idul Fitri),” ujar Imam Surau Baru Zahar kepada jemaah yang ikut takbiran, Rabu (19/4/2023). 

Pengikut tarekat Naqsabandiyah menjalankan ibadah puasa sejak Selasa 21 Maret 2023. Maka Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis 20 April 2023. “Kami mengggunakan dua metode, menghitung bulan dengan memakai kalender dengan metode hisab munjid dan melakukan hisab rukyat,” katanya.

Tapi hitungan bulan ini merupakan hal penting bagi terekat ini, namun juga digandengkan dengan melihat bulan di ufuk timur dengan mata telanjang. “Sudah dua hari ini saya melihat bulan sebelum dan sesudah subuh, tapi bulannya tidak tampak dua hari lalu kondisi berawan, tapi tadi pagi tidak berawan namun tidak nampak. Kalau tidak tampak bulan maka kita hitung puasa kita memakai metode hisab munjid, hari ini sudah genap 30 hari kita melakukan puasa,” ucapnya.

Jika tarekat Syattariyah melihat bulan pada magrib di ufuk barat, tarekat Naqsabandiyah ini melihat bulan pada subuh di ufuk timur. “Bulan yang kita lihat itu seperti sabit dengan sinar menguning sebelum matahari terbit,” ujarnya.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut