get app
inews
Aa Read Next : Materi Khutbah Salat Jumat Tentang Gaza Paletisna, Tanah Para Nabi yang Terzalimi

Apa Bahayanya Bom Fosfor? Senjata yang Diduga Digunakan Israel Menyerang Gaza Palestina

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 17:25 WIB
header img
Fosfor merupakan zat beracun berbentuk lilin yang terbakar pada suhu lebih dari 800 derajat Celsius. (Foto: Aljazeera)

JAKARTA, iNewsPasuruan.id - Israel diduga telah menggunakan bom fosfor putih untuk menyerang Lebanon dan Gaza. Senjata mematikan ini mengancam keselamatan manusia. Kelompok hak asasi manusia telah memverifikasi penggunaan amunisi fosfor putih oleh Israel melalui wawancara dan video yang menunjukkan zat kimia ini digunakan di dua lokasi di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon dan di pelabuhan Kota Gaza.

"Fosfor putih yang meledak ilegal di daerah perkotaan yang padat dapat membakar rumah dan menyebabkan kerusakan serius pada warga sipil," kata Lama Fakih, Direktur Divisi Timur Tengah dan Afrika Utara Human Rights Watch (HRW). Seperti yang dilaporkan oleh Sindonews.com pada Sabtu (14 Oktober 2023), militer Israel membantah menggunakan fosfor putih untuk menyebarkan di zona perang Gaza. Apa itu fosfor putih? Fosfor putih adalah substansi beracun berbentuk lilin yang terbakar pada suhu lebih dari 800 derajat Celsius, cukup tinggi untuk melelehkan logam.

Kemampuannya untuk cepat terbakar dan menciptakan tirai asap tebal di area luas telah membuat fosfor putih menjadi pilihan bagi militer untuk menciptakan tirai asap. Asap ini dapat bertahan hingga tujuh menit. Amunisi fosfor putih sulit dipadamkan hingga fosfor terbakar habis atau tidak lagi terpapar oksigen. Penggunaannya bisa menyerupai peluru artileri, bom, roket, atau granat.

"Ledakan udara fosfor putih menyebarkan zat ini di area luas, tergantung pada ketinggian ledakan, yang memengaruhi lebih banyak warga sipil dan infrastruktur daripada ledakan di tanah," kata Ahmed Benchemsi, Direktur Komunikasi Divisi Timur Tengah dan Afrika Utara HRW, dalam wawancara dengan Al Jazeera pada Jumat (13 Oktober 2023).

Apakah fosfor putih berbahaya bagi manusia? Fosfor putih dapat membakar kulit hingga tulang. Zat kimia ini dapat diserap oleh tubuh dan menyebabkan disfungsi pada berbagai organ, termasuk hati, ginjal, dan jantung.

"Luka bakar memiliki efek ganda. Mereka memiliki efek lokal akibat luka bakar itu sendiri, yang biasanya sangat parah dan dalam, dan efek kedua adalah metabolik, yang bisa membunuh pasien," kata Roman Hossein Khonsari, seorang profesor bedah maksilofasial dan plastik di Rumah Sakit Necker-Enfants Malades Paris.

Gangguan metabolik bisa mencakup kadar kalium yang tidak normal yang dapat menyebabkan gagal jantung. Khonsari, yang bekerja di Yerevan selama konflik antara Armenia dan Azerbaijan, menjelaskan bahwa jika luka bakar akibat fosfor putih tidak diidentifikasi oleh dokter, korban mungkin tidak akan menerima perawatan yang diperlukan untuk menghindari risiko kegagalan organ.

Khonsari juga menjelaskan bahwa luka bakar fosfor putih terus menembus kulit dan mencapai tulang kecuali zat ini dicuci dengan benar. Fosfor putih dapat menempel pada berbagai permukaan, seperti pakaian, dan bisa menyala kembali jika kontak dengan kulit terjadi lagi. Menghirupnya bisa mematikan, dan asapnya dapat menyebabkan iritasi parah pada mata, membuat mata menjadi sensitif terhadap cahaya.

Apakah fosfor putih dilarang? Fosfor putih tidak dilarang oleh konvensi internasional karena tidak dianggap sebagai "senjata pembakar" yang dimaksudkan untuk menyebabkan kebakaran atau luka bakar. Sebaliknya, itu dianggap sebagai amunisi serbaguna. Protokol III Konvensi tentang Senjata Konvensional Tertentu tahun 1980 hanya melarang senjata pembakar atau penggunaan zat lain untuk menyerang penduduk sipil.

Editor : Bian Sofoi

Follow Berita iNews Pasuruan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut