get app
inews
Aa Read Next : Materi Khutbah Salat Jumat Tentang Gaza Paletisna, Tanah Para Nabi yang Terzalimi

Apa Bahayanya Bom Fosfor? Senjata yang Diduga Digunakan Israel Menyerang Gaza Palestina

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 17:25 WIB
header img
Fosfor merupakan zat beracun berbentuk lilin yang terbakar pada suhu lebih dari 800 derajat Celsius. (Foto: Aljazeera)

Luka bakar atau cedera akibat fosfor putih dianggap sebagai efek insidental, yang memungkinkan militer berargumen bahwa itu hanya digunakan sebagai tirai asap, sinyal, atau untuk menerangi sasaran. Meskipun bukan merupakan pihak yang menandatangani Protokol III, Amerika Serikat dan Israel telah menyatakan bahwa penggunaan fosfor putih oleh mereka sesuai dengan regulasi internasional.

Dalam panduan mereka tentang aturan perang, Israel menyatakan, "Fosfor tidak berbeda dari bensin yang bereaksi terhadap korek api yang menyala, dan yang membedakannya dari senjata kimia adalah bahwa reaksinya tidak ditujukan melawan fisiologi manusia." Namun, Khonsari menjelaskan bahwa luka bakar yang disebabkan oleh zat seperti bensin cenderung tidak mematikan jika hanya menutupi area kecil dari tubuh, tidak seperti yang disebabkan oleh fosfor putih.

Apakah Israel telah menggunakan fosfor putih di Gaza? Selain tuntutan terbaru HRW tentang penggunaannya, laporan HRW tahun 2009 menemukan bahwa Israel secara luas menggunakan amunisi fosfor putih selama Operasi Cast Lead di Gaza, yang berlangsung dari 27 Desember 2008 hingga 18 Januari 2009. Saat itu, Israel bergantian antara mengonfirmasi dan menyangkal penggunaannya terhadap amunisi fosfor putih.

Pada tahun 2009, juru bicara militer pertama mengatakan bahwa itu digunakan untuk menandai sasaran tetapi kemudian membantah bahwa fosfor putih digunakan sama sekali. Beberapa minggu setelahnya, pejabat Israel memerintahkan penyelidikan tentang penggunaan fosfor putih tetapi tetap berpendapat bahwa penggunaannya sesuai dengan standar internasional.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut