get app
inews
Aa Read Next : Kawanan Gengster Ngamuk Bawa Pedang dan Celurit di Bangil, Dikepung Warga Babak Belur Dihajar

Benarkah Berasal dari Pasar dan Oeang, Begini Asal Usul Nama Pasuruan

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 05:13 WIB
header img
Asal usul nama Pasuruan memiliki beberapa versi. Ada yang menyebutnya dari dua kata Pasar dan Oeang. Foto:ist

PASURUAN, iNewsPasuruan.id - Pasuruan merupakan kota yang berada di Provinsi Jawa Timur . Dalam sejarahnya wilayah ini dikenal sebagai kota pelabuhan yang cukup ramai.Asal usul nama Pasuruan memiliki beberapa versi. Menurut kakawin yang ditulis oleh pujangga Mpu Prapanca, nama Pasuruan berasal dari kata kuno "suruh," yang mengacu pada tempat di mana orang menjalankan perintah seorang raja.

Namun, menurut laman resmi Pemerintah Kota Pasuruan, kota ini dahulu dikenal sebagai 'Paravan,' sementara orang Tionghoa menyebutnya Yanwang atau Basuluan. Ada juga yang menghubungkan nama Pasuruan dengan kata 'Pasar' dan 'Oeang' karena perdagangan yang ramai di sini, terutama melalui Pelabuhan Tanjung Tembikar, yang menarik banyak pedagang ke Pasuruan.

Pasuruan memiliki sejarah yang panjang, termasuk masa di mana disebut Gembong dan diperintah oleh raja-raja Hindu Jawa Timur. Pada tahun 1545, wilayah pelabuhan ini akhirnya dikuasai oleh Demak, menjadikannya pusat Islam yang penting di ujung timur Jawa. Selama berabad-abad, Pasuruan berganti tangan dan pada akhirnya jatuh ke tangan Untung Suropati, seorang budak belian yang memerangi Belanda.

Editor : Bian Sofoi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut